foto-health-bawahDI USIA tua tubuh tak lagi dalam masa primanya sehingga wajar bila ada satu atau dua kesulitan muncul ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Nah pada mereka yang memang memiliki kesulitan atau hambatan studi menemukan bisa jadi karena waktu mudanya tidur berantakan.

Ahli gerontologi Elliot Friedman dari Purdue University, Amerika Serikat, mengatakan ketika faktor penyakit dan gaya hidup lainnya dipertimbangkan, masalah tidur tampaknya memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap disabilitas orang-orang lanjut usia (lansia).

Analisa dari 3.620 responden berusia 24-75 tahun menunjukkan ketika seseorang memiliki masalah tidur kronis maka dalam jangka waktu 10 tahun ke depan dirinya bisa dua kali lipat lebih mungkin alami kesulitan dalam aktivitas sehari-hari. Penurunan kemampuan dalam melaksanakan tugas tersebut dilaporkan lebih besar efeknya pada orang yang masih muda dan paruh baya.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia 6 Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

“Kebanyakan orang-orang tidak mendapatkan tidur yang cukup, budaya kita cenderung mendevaluasinya. Kita cenderung meremehkan dampak potensial dari tidak mendapatkan tidur yang cukup,” kata Elliot seperti dikutip dari Reuters, Senin (26/9/2016).

BACA JUGA :  Tak Hanya Sunah, Ternyata Rutin Konsumsi Kurma Dapat Manfaat Ini!

Mengapa orang yang tidurnya bermasalah berisiko alami disabilitas dijelaskan oleh Elliot bisa karena dirinya minim aktivitas fisik. Akibat terlalu lelah orang jadi malas untuk olahraga dan hal ini sudah dibuktikan oleh studi merupakan faktor risiko untuk disabilitas.

“Kalau tidur tidak nyenyak, orang-orang akan lebih mungkin untuk tidak aktif secara fisik. Minimnya aktivitas fisik dan gaya hidup sedentari merupakan faktor risiko untuk disabilitas,” kata Elliot yang studinya telah dipublikasi di Journal of the American Geriatrics Society. (dtc)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================