b. Kegiatan Peningkatan Peran Serta Organisasi Perempuan

                   Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Mei dan September 2016 di Cipayung Kecamatan Megamendung, Bogor. Peserta yang diundang adalah Ketua Forum Pos KB Tingkat Kecamatan, Tenaga Penggerak Desa dan unsur Organisasi Perempuan di Kabupaten Bogor. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan Capacity building setiap individu yang tergabung dalam organisasi perempuan untuk mampu berperan dalam peningkatan bidang pendidikan, hukum, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat,  mengembangkan komunikasi, koordinasi dan sinergitas program organisasi dalam membangun dan mengidentifikasi serta mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga nantinya diharapkan organisasi perempuan mampu mneingkatkan peran dan fungsi sebagai civil society sehingga keberadaannya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat disamping itu mampu meningkatkan daya juang dalam mencerdaskan masyarakat akan pentingnya kesetaraan hak, kesempatan dan peluang antara perempuan dan laki-laki sehingga tercipta organisasi perempuan yang handal berintegritas dan berperan aktif dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

4

5

6

             c. Pelatihan Bimbingan Manajemen Usaha Bagi Perempuan

              Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 di Cipayung Kecamatan Megamendung, Bogor. Peserta yang diundang adalah Pengurus dan anggota dari 15 (lima belas) kelompok usaha Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Tujuan kegiatan ini adalah untuk Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengelolaan usaha  sehingga dapat dicapai efektifitas dan efisiensi usaha yang optimal serta memiliki daya saing usaha yang lebih tinggi serta meningkatkan kualitas keberhasilan usaha bagi para perempuan dan pendapatan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera, sehingga diharapkan  kelompok Usaha Perempuan dapat mengelola  usahanya dan berdampak pada ekonomi keluarga.

Baca Juga :  Pererat Silaturahmi Bersama Warga, Royal Safari Garden Gelar Buka Puasa dan Santunan Anak Yatim

7

8

10

9

2.Program Penguatan Kelembagaan dan Pengarusutamaan Gender (PUG)

     a. Kegiatan Pengembangan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A)

    Kegiatan Rakor P2TP2A dilaksanakan pada Bulan Maret tahun 2016 di Gedung Serba Guna I Setda Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dihadiri oleh :

  • Unsur Anggota DPRD Perempuan Kabupaten Bogor
  • Unsur Muspida Kabupaten Bogor
  • Unsur satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lingkup Kabupaten Bogor
  • Unsur RSUD Lingkup Kabupaten Bogor
  • Camat Lingkup Kabupaten Bogor
  • Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPKB Kabupaten Bogor
  • Pengurus dan Relawan P2TP2A Wanoja Mitandang
  • Gugus Tugas/satgas Perlindungan Perempuan dan Anak
  • Pekerja Satuan Bakti (Pekerja Sosial)

Kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan Standar Pelayanan Minimal Bidang layanan Terpadu Bagi Perempuan dan Anak Korban Kekerasan, mekanisme rujukan pelayanan medis (termasuk visum) bagi korban tindak  kekerasan terhadap perempuan dan anak, mekanisme Penanganan kasus di P2TP2A Kabupaten Bogor, mensosialisasikan Peran  serta P2TP2A di dalam upaya penegakan hukum yang di lakukan oleh Unit PPA Sat Reskrim Polres Bogor dan Memperkuat Sinergitas P2TP2A Kabupaten dan P2TP2A Provinsi. Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan adanya pemahaman yang sama dalam setiap penanganan kasus korban tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  FISIPKOM Unida Edukasi Pemilih Muda Dalam Berantas Hoaks Pemilu

11

12

13

14

        b. Advokasi Dan Fasilitas PUG bagi Perempuan

            Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Februari dan November 2016 di Cipayung Kecamatan Megamendung, Bogor. Peserta yang diundang adalah Pengurus TP. PKK Kecamatan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk Membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat, agar keluarga dan masyarakat Kabupaten Bogor mampu mengantisipasi perilaku tindakan kekerasan sejak awal yang selanjutnya dapat bertindak bijak dalam menghadapi situasi kehidupan sehari-hari dan tetap mampu mengendalikan diri dalam suasana apapun, disamping itu mampu menjadi Fasilitator Simulasi PKDRT di wilayahnya dalam menyebarkan atau mensosialisasikan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT) sehingga diharapkan tidak banyak korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang terjadi di Kabupaten Bogor.

15

16

17

18

 

C. Evaluasi Pelaksanaan PUG

Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Teknis Pengganggaran Pengarusutamaan Responsive Gender (PPRG) pada bulan Mei 2016, bertempat di Wisma Bogor Indah Nirwana Jln. Raya Puncak Cipayung-Bogor. Peserta Pelatihan Teknis PPRG sebanyak 50 (lima puluh ) orang terdiri dari Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan serta Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Tujuan pelatihan ini adalah Memberikan Pedoman, mampu mengintegrasikan dan mengaplikasikan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender kepada para Perencana setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menyusun Perencanaan Penganggaran Daerah yang Responsif Gender dalam Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah.

20

23

22

24

Halaman:
« 1 2 » Semua