fiphal-festival-unida-13DALAM memperingati Hari Pangan se Dunia pada 16 Oktober 2016 lalu, Himpunan Jurusan (HIMJUR) dan Badan Eksekutif Mahasiswa  (BEM) Fakultas Ilmu Pangan Halal  Universitas Djuanda (Unida) Bogor mempersembahkan acara Fiphal FestivalL 2016 dengan tema “Eksistensi Pangan Lokal Berbasis Pangan Halal di Era MEA”.

Acara ini berlangsung selama dua hari 17-18 Oktober 2016. Hari pertama diisi dengan olimpiade olahraga. Hari kedua, yang merupakan puncak acara, diisi bazar pangan halal, dan seminar dengan 3 pemateri, yaitu Wakil Direktur LPPOM MUI Dr. Ir. Aji Jumiono, M.Si, Kepala Seksi Penganekaragaman dan Keamanan Pangan Irma Arini Dewi M.Sc, dan Owner Lapis Nangka Bogor Noor Rafita.

Baca Juga :  Lomba Pramuka Tingkat III Kwartir Cabang Kabupaten Bogor Digelar

Menurut Duma (23), Ketua Pelaksana Fiphal Festival, tujuan dari acara ini adalah selain memperingati Hari Pangan Dunia, juga untuk mengembangkan jiwa pangan lokal pada diri masyarakat. “Mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa pangan lokal memiliki sumber daya yang banyak namun tidak terolah dengan baik,” ujar mahasiwa jurusan Teknik Pangan dan Gizi tersebut.

Acara Fiphal Festival ini sebelumnya pernah diadakan pada Tahun lalu, namun yang membedakannya dengan tahun ini yaitu diadakannya Olimpiade Olahraga. Bazar kali ini pun hanya melibatkan mahasiswa semester 1 untuk tugas mata kuliah Kewirausahaan.

Baca Juga :  Jalan Tanah Menuju Sekolah, Siswa Harus Melepas Sepatu Saat Turun Hujan

“Awalnya sempat kebingungan mau jualan apa dan agak terbebani karena merupakan nilai UTS mata kuliah Kewirausahaan, tapi pada akhirnya dibawa santai aja karena acara ini juga untuk belajar mengenai kewirausahaan dan bersosialisasi dengan orang lain,” papar Zulfa, salah satu peserta Fiphal Festival. (Agung dan Tazki/ Biro Promosi dan Humas Unida)