foto-sedekah-bumi-jpgMASYARAKAT Kabupaten Bogor memang terkenal dengan beragam jenis tradisi dan budaya. Namun, dewasa ini, banyak budaya khas Bogor yang lambat laun mulai ditinggalkan seperti tradisi sedekah bumi. Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, sedekah bumi mulai digaungkan kembali.

Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat Kampung Hambulu RT 1/1, Desa Tegal, Kecamatan Kemang, yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan masyarakat yang berprofesi sebagai petani yang menggantunggkan hidup keluarga dan sanak family mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian yang sudah menyatu dengan masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari kultur (budaya) Desa Tegal, yang menyiratkan simbol penjagaan terhadap kelestarian serta kearifan lokal (local wisdem) khas bagi masyarakat agraris.

Upacara tradisi sedekah bumi tersebut umumnya, tidak banyak peristiwa dan kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Hanya saja, pada waktu acara tersebut biasanya seluruh masyarakat sekitar yang merayakannya tradisi sedekah bumi membuat tumpeng dan berkumpul di tempat sesepuh kampung dan tempat-tempat yang telah disepakati oleh seluruh masyarakat setempat untuk menggelar acara ritual sedekah bumi.

Aman Kampung Hambulu