BOGOR TODAY- Lembaga Pemasyarakatan Paledang Kelas II A Kota Bogor sedang mempersiapkan diri untuk menjadi Lapas Berbasis Industri. Salah satu program pembinaan yang sedang dilakukan adalah pengolahan bakso dan sosis “PAS Mart” oleh warga binaan yang telah diberi pelatihan.

Demikian dijelaskan Kepala Lapas Paledang Gunawan Sustrinadi, Rabu (18/1/2017) saat Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan kunjungan ke Lapas Paledang. “Saat ini Lapas Paledang sedang berupaya untuk meningkatkan pembinaan kepada warga binaan yang ada di Lapas Paledang Bogor,” papar Gunawan.

Baca Juga :  Dukung Kegiatan Gemapatas 2023, Pemkab Bogor Lakukan Pencanangan Di Dua Lokasi

PAS Mart akan diresmikan pada tanggal 27 Januari mendatang oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly. PAS Mart nantinya akan dibuka untuk umum. Pengolahan bakso dan sosis tersebut dilakukan oleh 11 orang warga binaan (6 laki-laki dan 5 perempuan) yang telah menjalani 2/3 masa hukuman dan telah memiliki SK bebas bersyarat.  “Sambil menunggu waktu bebas, maka kami berdayakan agar warga binaan dapat diterima dimasyarakat ketika bebas nanti,” jelas Gunawan. Pembinaan tersebut dilakukan langsung oleh petugas lapas.