1 Mahasiswa Dibujet 2 Miliar

 

JAKARTA TODAY- Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan memberikan beasiswa master dan doktor ke 5.000 orang di tahun ini. 5.000 orang yang akan mendapatkan beasiswa LPDP berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di tahun ini, LPDP menyiapkan dana sebesar Rp 22,5 triliun untuk penerima beasiswa.
“Yang akan diberangkatkan 5.000, termasuk yang diseleksi di beberapa kota,” kata Direktur LPDP Eko Prasetyo dalam acara LPDP Edufair 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017).
Universitas favorit untuk melanjutkan studi para pelamar LPDP berasal dari berbagai negara, termasuk di dalam negeri. Untuk universitas luar negeri, negara tujuan favorit antara lain Amerika Serikat (AS), Australia, Inggris, Jepang, hingga Eropa. “Kalau LPDP kita perlu untuk Indonesia portfolionya diversified ya. Dari Amerika Serikat (AS) juga kita butuh, dari Australia, Inggris, Jepang, dari China bahkan. Tapi preferensi dari mahasiswa saat ini memang kebanyakan ke Eropa,” tutur Eko.
Mengenai dampak dari Presiden AS Donald Trump ke negara tujuan studi, Eko tidak ingin berkomentar lebih dalam. Saat ini, LPDP mencatat berbagai universitas yang masuk top 200 dunia yang menjadi mitra LPDP. “Kalau itu kan politik mungkin hubungan antar pemerintahan. Kita sih jalan terus karena kita tau kampus-kampus bagus. Kan kita referensinya top 200, yang ngisi top 200 university ya mayoritas dari Amerika, Inggris, Eropa,” tutup Eko.

Baca Juga :  Resep Masakan Ayam Saus Pedas Manis dan Sayuran