Saat ini BPJT sendiri memberi waktu kepada Badan Usaha untuk menyiapkan dokumen kelengkapan dan studi kelayakannya, berikut biaya investasi dan perencanaan penetapan lokasi (penlok). Jika penlok dan seluruh dokumen sudah selesai sebelum akhir tahun ini, diharapkan pengadaan tanah bisa langsung dilaksanakan dan secara paralel juga dilakukan konstruksi.

Keberadaan jalan tol ini sangat penting. Selama ini, sambung Herry, arus kendaraan dari arah Jakarta yang menuju Bandung terkonsentrasi di ruas jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang). Akibatnya, beban ruas ini sangat tinggi dan sering terjadi kemacetan. Terutama saat hari libur akhir pekan dan libur-libur nasional.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Menuju Vietnam, Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dengan jalan tol ini, nantinya perjalanan ke Bandung bisa dilayani dengan jalan tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang yang tersambung dengan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang proses pembangunannya tengah berjalan dan terhubung dengan jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang saat ini sudah eroperasi.

BACA JUGA :  Pisang Kuah Santan yang Lezat untuk Takjil Praktis di Tanggl Tua

“Dari Jakarta ke Bandung itu kan kalau lewat puncak, harus dari Jagorawi ke Sukabumi dulu. Dari Sukabumi harus ke Ciranjang baru ke Padalarang. Nah kita perlu percepat rute yang dari Sukabumi ke Bandung, sehingga lalu lintas Jakarta-Bandung punya opsi. Tidak semua lewat Cipularang,” tutup dia. (Yuska Apitya/dtk)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================