Oleh : Muhtadin, S.Ag, M.Pd.I

Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat diberi kesempatan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini. Bahkan salah satu doa yang banyak kita panjatkan kepada-Nya sejak jauh – jauh hari adalah doa memohon disampaikan umur kita kepada bulan Ramadhan, yakni doa ‘Allahumma baarik lanaa fii rajaba wasya’baana ballignaa ramadhaana’, yang artinya ‘Ya Allah berikan kepada kami keberkahan di bulan Rajab dan Sya’ ban, dan sampaikan kami kepada bulan Ramadhan ‘.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi keberkahan dan keagungan. Ramadhan menjadi salah satu hadiah terindah bagi orang – orang beriman untuk meriah kebaikan – kebaikan di dalamnya. Salah satunya disebutkan dalam satu hadis, yang artinya: “Awalnya adalah rahmat, petengahannya adalah ampunan dan akhirnya adalah pembebasan dari api neraka.”

Ramadhan merupakan kesempatan terbaik bagi orang – orang beriman untuk meraih derajat ketakwaan yang tinggi di sisi Allah SWT. Di bulan ini, Allah SWT memerintahkan hamba – hamba-Nya yang beriman untuk melaksanakan berbagai ibadah di antaranya puasa, taraweh, tadarus Al – Quran dan bersedekah. Semua ibadah tersebut adalah sarana bagi kita untuk menggapai derajat ketakwaan yang tinggi.