Oleh sebab itu supaya derajat ketakwaan tersebut bisa dicapai di bulan Ramadhan ini, maka kita sebagai orang – orang beriman harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Setidaknya ada tiga hal hal yang kita persiapkan, yaitu pertama, iman yang mantap. Iman yang mantap akan menjadi modal utama untuk bisa merespon setiap seruan Allah untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Sebagaimana firman Allah “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah :183)

Baca Juga :  PUASA RAMADAN SAATNYA KITA SEMUA UNTUK TOBAT NASIONAL

Kedua, ilmu. Ilmu yang luas dan memadai akan menjadi motivasi dan pedoman bagi kita dalam menjalankan ibadah kepada Allah sesuai dengan tuntunan syariat. Karena suatu ibadah sah dan diterima Allah SWT, jika ditunaikan dengan ikhlas dan berdasarkan ilmu. Sebab dengan ilmu, kita akan memahami tata cara ibadah yang benar sesuai syariat.

Baca Juga :  PUASA RAMADAN SAATNYA KITA SEMUA UNTUK TOBAT NASIONAL

Ketiga, harta. Harta dibutuhkan oleh kita selama bulan Ramadhan tidak hanya untuk memenuhi keperluan keluarga, tetapi dengan harta yang cukup kita bisa menunaikan zakat fitrah dan banyak bersedekah. Karena di bulan ini, sedekah sangat dianjurkan. Bahkan dalam satu hadis diriwayatkan bahwa sebaik-baik sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua