BOGOR TODAY- Sugeng Teguh Santoso yang merupakan bakal calon (Balon) wali kota Bogor memiliki program andalan jika dirinya nanti maju dan memenangkan pilkada Bogor yang akan diselenggarakan tahun 2018 mendatang. Program tersebut merupakan program APBD pro rakyat yang ia beri nama Program Setara.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini mengatakan, Program Setara merupakan program yang sangat tepat untuk membangun kota Bogor yang berkeadilan dan sejahtera. Dengan menggunakan APBD untuk kepentingan Rakyat dengan cara membangun infrastruktur lingkungan, meningkatkan fasilitas pendidikan dan meningkatkan fasilitas kesehatan

“Ketiga penting ini, Infrastruktur lingkungan, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, ini diperkuat, yang sudah ada diperkuat, bolong-bolong diperkuat,” kata Pendiri LBH Keadilan Bogor di Jakarta.

BACA JUGA :  DPRD Kota Bogor Sahkan 2 Perda Sekaligus, Ini Rancangannya

Pengacara yang dikenal dengan sebutan “Sang Pembela” ini menegaskan bahwa program APBD pro rakyat sangat dibutuhkan rakyat. Maka dengan Program Setara mennurutnya kehidupan masyarakat Bogor akan menjadi lebih baik.

“Program Setara yaitu setahun 50 juta untuk satu RT bentuknya dana yang dialokasikan di APBD diturunkan langsung kepada pengurus RT masuk kedalam rekening pengurus RT. Selanjutnya dibagi dalam tiga kategori, 60 persen untuk infrastruktur, 20 persen untuk kegiatan ekonomi kerakyatan dan 20 persen untuk kegiatan sosial,” kata Sekjen Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

BACA JUGA :  Rendang Ayam Kampung, Menu Lezat untuk Santapan Keluarga Tercinta

Sugeng mencontohkan program kegiatan infrastruktur misalnya, ada rumah tidak layak huni, maka APBD harus bisa mengcover kebutuhan tersebut, begitu juga dengan kesehatan. Menurutnya harus ada anggaran pemerintah yang disiapkan di dinas kesehatan untuk mengcover diluar dugaan.

“Misalnya yang berbayar mandiri, tiba-tiba karena kesulitan ekonomi, PHK, jadi tidak bisa membayar preminya akhirnya diputus, kan harus tetep dilayani kesehatannya, nah ini harus ada anggaran yang bisa sebagai emergency,” kata Sugeng.

============================================================
============================================================
============================================================