JAKARTA TODAY- Hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia menyimpulkan, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dianggap paling pantas menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, survei tersebut dilakukan terhadap 1.220 responden di seluruh Indonesia. Survei dilakukan pada 17-24 September lalu.

“Di antara nama-nama yang dianggap paling pantas mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden, Ahok sedikit lebih unggul dibanding nama-nama lain,” ucap Burhanuddin di kantornya, Jakarta, Rabu (11/10).

BACA JUGA :  Basket Ramadan Cup 2024, Siapkan Atlet Berprestasi

Dua nama tersebut menduduki posisi teratas dalam survei yang dilakukan dengan dua pola berbeda.

Pertama, survei dilakukan dengan menyodorkan 16 nama calon wakil presiden pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Dari skala 0-40, Ahok meraih angka 16 diikuti Gatot dengan angka 10. Figur lainnya yaitu Walikota Bandung Ridwan Kamil (8), Menteri Keuangan Sri Mulyani (7), Wali Kota Surabaya (5), dan Kapolri Tito Karnavian (4).

Survei kedua dilakukan dengan hanya menyodorkan delapan nama figur yang cocok mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. Hasilnya, Ahok kembali berada di urutan teratas dengan angka 17, diikuti Gatot dengan angka 14. Figur lain yang berada di bawah mereka adalah Ridwam Kamil (11), Sri Mulyani (9), Tri Rismaharini (8), dan Tito Karnavian (6). Ada pun skala survei ini menggunakan skala 0-35.

BACA JUGA :  DPRD Desak Pemkot Selesaikan Masalah Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Bogor

Saat disodorkan tiga nama saja, responden paling banyak memilih Gatot (25). Sementara Sri Mulyani (24), dan Tito Karnavian (12) berada di bawahnya.

Burhanuddin menganggap figur yang terkenal dengan berbagai cara sangat berperan dalam kenaikkan elektabilitas. Terkait sosok Ahok, Burhanuddin menilai Pilkada Jakarta merupakan faktor utama tingginya elektabilitas.

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR