Jika tak dapat lingkungan ekstrim maka tak terpikirkan membuat teknologi. Kini, wilayah Eropa seperti Belanda tergolong pertanian terbaik di dunia. Sama halnya dengan Inggris (UK) mereka menggunakan rumah kaca untuk memproduksi sayur dan buah-buahan. Setelah ini, semoga bangsa kita menuju kepada pertanian moderen sehingga dapat beradaptasi dengan perubnahan iklim.

Sisi positif yang lain. Setiap orang yang terdampak maka dia ingat dengan bencana tersebut. Kalau dulu masih jauh dari agama maka dia akan dekat dengan Allah. Sementara orang yang menyaksikan bencana itu sebagai proses penyadaran agar mengoreksi diri, memperbaiki keimanan dan menjauhkan diri dari maksiat.

Sekaligus sadar bahwa manusia itu sangat lemah didepan Allah. Saat diterjang oleh kekuatan alam maka manusia tak mampu melawan meskipun cerdas untuk melakukan mitigasi. Manusia hanya bisa memprediksi bencana dengan alam tetapi tak mampu menghentikannya.

Manusia dengan bekal ilmu pengetahuan dan akalnya dapat menciptakan alat pendeteksi Tsunami sehingga bisa melakukan antisipasi. Meskipun demikian secanggih apapun teknologi tetap tak bisa melawan bencana. Hanya saja saat alat itu ditempatkan pada daerah rawan bencana maka manusia dapat literasi bencana.

BACA JUGA :  TIPS JITU BERHENTI MEROKOK

Mereka dapat informasi bencana sebelum kejadian bencana. Selanjutnya, bencana itu diberikan untuk mengukur kemampuan manusia untuk menghadapinya. Pada prinsipnya bencana disesuaikan dengan kemampuan seseorang menghadapinya. Meskipun pada awal terdampak bencana merasa tak mampu melewatinya sebab kehilangan orang yang dicintai.

Ditambah lagi dengan kehilangan harta benda dimana butuh bertahun-tahun untuk mengumpulkannya. Kemudian, bencana itu termasuk ujian bagi orang kaya, apakah ia mau mengeluarkan sebagain dari harta itu untuk menolong saudaranya yang terdampak bencana. Alasan lainnya karena Allah ingin mengangkat derajat dan status keimanan seseorang.

Sekaligus menguji keimanan orang lain. Saat individu yang terdampak sabar maka dia telah berhasil melawan kekalahan emosinya. Akhirnya dianggap oleh Allah menjadi manusia terbaik. Terakhir, meningkatan kewaspadaan dan status. Sebagai manusia yang cerdas, mulai hari ini harus berhati-hati pada wilayah-wilayah rawan bencana.

BACA JUGA :  APA ITU PATOLOGI ANATOMIK (PA)

Sekaligus harus tanggap untuk mendapatkan informasi bencana. Wilayah seperti pantai dan perbukitan perlu diantisipasi agar tak dikunjungi. Setelah itu manusia yang terdampak naik status. Seseorang apabila pernah merasakan bencana maka kepedulian sosialnya meningkat.

Caranya untuk menghadapi bencana menjadi lebih baik sebab sudah pernah belajar untuk ikhlas meskipun tak mudah. Kewaspadaan itu juga bagi pemerintah. Bertahun-tahun negeri ini selalu mengalami bencana Tsunami, gempa, dan bencana banjir tetapi selalu berulang pula tahun berikutnya.

Untuk itu, Bencana dalam kehidupan baik bencana ekologi seperti banjir, tanah longsor, dan bencana alam lainnya dianggap sangat merugikan. Padahal keuntungan bencana alam juga tak kalah dibandingkan dengan kerugian. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================