SYDNEY TODAY – Sydney dikepung kebakaran hutan di wilayah pinggiran utara kota tersebut. Lima juta penduduk Sydney diminta tetap tinggal di rumah karena tingkat asap di kota tersebut sudah mencapai level bahaya. Sebanyak 600 sekolah dan kampus juga ditutup karena kondisi asap membahayakan kesehatan anak-anak.

Menteri Pendidikan New South Wales (NSW) Sarah Mitchell mengungkapkan enam sekolah publik di kawasan utara telah dievakuasi. “Keselamatan adalah yang utama dan pertama. Kita harus mengevakuasi anak-anak dari kawasan tersebut,” kata Mitchell kepada Australian Broadcasting Corporation.

Sebagian wilayah perairan timur Australia, termasuk kawasan pinggiran Sydney, menghadapi kebakaran hutan dan semak belukar terburuk. Lebih dari 85 titik kebakaran melanda New South Wales (NSW) dan 46 di antaranya sudah ditangani. Khusus di wilayah utara Sydney, pesawat pemadam kebakaran telah menjatuhkan material khusus pemadam kebakaran di South Turramurra.

BACA JUGA :  Puncak Arus Balik, Kemenhub Prediksi 140 Ribu Kendaraan Mengarah ke Jakarta

Kebakaran yang melanda di sekitar kawasan Sydney menjadikan Pemerintah Negara Bagian NSW memberlakukan tingkat kebakaran bencana. Itu menjadi level tertinggi sejak kebakaran hutan yang melanda pada 2009. Ada kekhawatiran kalau kebakaran tersebut tidak bisa ditangani hingga pekan depan.

“Tugas penanganan kebakaran berhasil dikendalikan dan dikonsolidasikan,” kata Komisioner Badan Pelayanan Kebakaran Hutan NSW Shane Fitzsimmons dilansir Reuters. “Saat ini kita belum bisa menyatakan kita bisa menangani kebakaran hutan di NSW karena masih banyak lahan yang terbakar,” jelasnya.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Akui Keunggulan Qatar di Piala Asia U-23 2024

Dampak kerusakan akibat kebakaran belum diketahui sejauh ini. Hanya, kondisi bahaya terus berlanjut hingga akhir pekan ini dan awal pekan depan. “Banyak petugas pemadam kebakaran terluka seperti patah tulang dan kepanasan,” ujar Fitzsimmons.

Kebakaran hutan dan semak memang menjadi ancaman ketika musim panas di Australia. Kondisi iklim yang kering dalam tiga tahun terakhir di NSW Dan Queensland menjadi kebakaran menjadi hal biasa. Para pakar menyebutkan kebakaran hutan juga diperparah oleh perubahan iklim.

============================================================
============================================================
============================================================