Sejauh ini kebakaran hutan di NSW dan Queensland telah menewaskan tiga orang dan merusak lebih dari 150 rumah. Kebakaran itu juga semakin meluas karena temperatur yang tinggi dan angin yang kuat. Status darurat juga dikeluarkan pemerintah kemarin di South Turramurra sekitar 20 km utara Sydney.

Penduduk wilayah tersebut diminta pengungsi. Di Wauchope, 400 km utara Sydney, penduduk juga memindahkan ternak ke kawasan yang lebih aman. “Kita memiliki 350 kuda. Kita juga memiliki domba dan ayam yang juga harus diselamatkan,” kata Presiden Wauchope Show Society Neil Coombes.

Bagaimana dengan kebakaran di Queensland? Kebakaran di Queensland pada tingkat ketiga atau level bahaya. Sebanyak 55 titik kebakaran melanda negara bagian tersebut hingga kemarin malam. Perhatian publik Australia saat ini adalah menyalahkan kebijakan pemerintahan konservatif Australia yang enggan berpihak untuk mengatasi perubahan iklim.

BACA JUGA :  Nobar Timnas Garuda Muda di Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto: Doakan Skuad Besutan Shin Tae-yong Lawan Irak dan Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

Perdana Menteri (PM) Australia yang dikenal pendukung industri batu bara menolak pertanyaan apakah kebakaran hutan adalah dampak perubahan iklim. “Pikiran saya hanya tertuju bagi mereka yang wafat dan kehilangan keluarga mereka,” ujar Morrison. Dalam debat di televisi, Deputi PM Michael McCormack menuding para aktivis telah memolitisasi tragedi kebakaran ini.

Hal berbeda diungkapkan Wali Kota Glen Innes Carol Sparks. “Pemerintah mengatakan saat ini bukan waktu yang tepat untuk berbicara tentang perubahan iklim. Saya tidak sepakat hal itu. Kita seharusnya berbicara mengenai hal itu tahun lalu,” kata Carol Sparks di utara Sydney, di mana dua warganya tewas dalam kebakaran hutan.

BACA JUGA :  Tukang Kasur Keliling di Sampang Cabuli Bocah 6 Tahun hingga Trauma

Pemerintah mengonfirmasi bahwa pada 2018 dan 2017 masing-masing merupakan tahun terpanas ketiga dan keempat yang pernah terekam dalam sejarah. Laporan Biro Iklim 2018 menyatakan bahwa perubahan iklim telah menyebabkan peningkatan kejadian panas ekstrem dan peningkatan tingkat keparahan bencana alam lainnya, termasuk kekeringan.

Jika temperatur global terjaga hanya naik dua derajat Celsius di atas level era praindustri, batas yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris, yang disepakati oleh 188 negara pada 2015. Tahun lalu PBB melaporkan bahwa Australia gagal dalam upaya mengurangi emisi gas karbon dioksida. (muti/pkl/net).

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================