Hampir semua orang pernah merasa pusing, sehingga keluhan ini akan dengan mudah diabaikan atau dianggap sebagai akibat kekurangan gula atau darah rendah. Padahal, bisa jadi pusing yang Anda rasakan adalah salah satu gejala depresi apalagi jika pusing terjadi setiap hari.

6. Kelelahan walaupun sedang tidak bekerja

Kelelahan merupakan gejala yang umum ditemukan pada pasien depresi. Namun tak seperti kelelahan pada umumnya, kelelahan karena depresi bisa menyebabkan masalah lain seperti mengganggu konsentrasi hingga membuat mudah marah.

7. Kembung

“Gangguan pencernaan yang paling sering dikeluhkan ketika seseorang terkena depresi adalah perut kembung dan ada banyak gas di lambung” jelas Andri.

Untuk membedakan kembung yang memiliki kaitan dengan depresi atau hanya kembung biasa, Anda harus mengevaluasi diri sendiri terlebih dahulu kapan biasanya rasa mual atau kembung muncul. Jika hanya timbul di saat-saat yang membuat Anda stres, bisa jadi ini merupakan gejala depresi.

BACA JUGA :  Profil Maarten Paes, Kiper FC Dallas jadi Pemain Naturalisasi Berdarah Kediri

8. Nyeri di dada

Ketika nyeri dada melanda, beberapa penyakit biasanya akan terlintas di pikiran kita, mulai dari masalah jantung hingga paru-paru. Padahal, ini mungkin saja merupakan gejala depresi.

“Akhirnya Anda akan pergi berobat ke dokter umum atau spesialis penyakit dalam yang sebenarnya tidak bisa menyembuhkan keluhan Anda.”

Umumnya, nyeri dada akibat depresi terjadi saat Anda memikirkan suatu masalah atau kejadian yang membuat trauma.

BACA JUGA :  Disambangi Partai Golkar, PPP Ingin Bergandeng Tangan Saat Pemilihan Bupati Bogor 2024

9. Gemetar atau bergoyang

Depresi dapat mempengaruhi fisik di luar kendali Anda, seperti badan yang bergetar secara tiba-tiba. Biasanya muncul di area jari atau kaki.

Hormon stres akan membanjiri tubuh Anda dan mempercepat detak jantung, meningkatkan tekanan darah, serta mengganggu pernapasan.

  1. Ada suara berdengung di telinga atau kepala

    Suara berdengung yang tiba-tiba muncul di telinga atau kepala merupakan kondisi yang normal terjadi, apalagi jika sedang berada di tempat yang bising.

    “Tetapi jika hal ini sangat sering terjadi, mungkin ini adalah salah satu gejala depresi yang harus Anda waspadai,” kata Andri. Seperti dikutip CNN Indonesia (Anata/PKL/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================