JAKARTA TODAY – Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) menyebut singing road atau jalan bernada di jalan tol dapat menekan angka kecelakaan yang disebabkan pengemudi melamun atau bahkan mengantuk.

Menurut Direktur Utama Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri, Dwi Winarsa, singing road dapat menjadi alat mengembalikan fokus pengemudi di jalan tol.

Singing road punya fungsi menyerupai alat kejut rumble strip (pita penggaduh) yang biasa dipasang di jalan tol. Daya kejut rumble strip saat mobil melintasinya dipercaya dapat membuat pengemudi ‘terjaga’ dan kembali berkonsentrasi saat mengolah roda kemudi. Efek yang diberikan singing road sedikit berbeda dari rumble strip, yaitu dengan tambahan alunan nada ketika dilalui dalam kecepatan tertentu.

BACA JUGA :  Wajib Coba! Semur Ayam Saus Tiram yang Lezat untuk Menu Makan Bareng Keluarga

“Tujuannya pemakai jalan kembali fokus. Itu kan perjalanan jauh di tol. Ada titik di mana pengemudi bisa lelah dan kurang waspada, makanya kami pasang ini,” kata Dwi saat dihubungi, Selasa (7/1).

Di Indonesia singing road sudah dipasang sejak 2018 di KM616 A Jalur Ambon yang merupakan ruas jalan Surabaya menuju Jakarta dengan dua nada ‘happy’.

BACA JUGA :  Menu Bekal dengan Telur Gulung Sayuran Andalan Keluarga Tercinta

Singing road kedua dipasang dua pekan sebelum 25 Desember 2019 di KM644+200 yang terdiri dari enam nada sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap yaitu nada lagu ‘happy birthday to you’.

Menurut Praktisi keselamatan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Palubuhu, singing road merupakan inovasi baru untuk meningkatkan angka keselamatan di tol.

============================================================
============================================================
============================================================