MANADO TODAY Pemerintah Tiongkok mengakui kalau masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) itu ramah. Karenanya, provinsi ini dinilai sebagai destinasi wisata yang aman dan nyaman bagi warganya.

Inilah yang terungkap saat pemerintah Tiongkok melalui Konselor Keamanan Kedubes Tiongkok di Jakarta, Cai Zhifeng, berada di Sulut sejak Sabtu (18/1) hingga Senin (20/1). Kedatangan Zhifeng di Manado untuk melakukan pemantauan keamanan terhadap para wisatawan asal Tiongkok di Sulawesi Utara.

“Selama berada di Manado, tim Kedubes Tiongkok mengunjungi sejumlah obyek wisata yang menjadi favorit bagi turis Tiongkok saat berada di Sulut, yaitu Pulau Bunaken hingga sajian kuliner dan jajanan buah durian di kawasan Boulevard Manado. Konselor Zhifeng dalam kunjungannya didampingi oleh Staf Kedubes Tiongkok Yu Ke,” kata Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel, kemarin.

BACA JUGA :  Simak Ini! 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Bisa Memperpendek Usia

Dijelaskannya, pada Senin sebelum kembali ke Jakarta, Konselor Zhifeng dan stafnya menggelar rapat khusus dengan Kadis Pariwisata Sulut Henry Kaitjily serta para stakeholder pariwisata Sulut.

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut antara lain perwakilan travel agent Sulut, Steven Limonge dari ASITA Sulut, Ricky Budiharto salah satu owner MM Travel bersama direkturnya Leo Larangan, Erdian Manajer Coco’s Travel, Roy Berthy selaku Ketua Guide HPI, Keneth Rompas Kepala Imigrasi Manado, dan Kapolresta Manado melalui Kabag Ops AKP Paulus.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Udang Goreng Bawang Putih ala Restoran yang Gurih dan Harum

“Dalam pertemuan itu terjadi pembahasan yang sangat positif. Suasana akrab sambil minum kopi pagi hari. Rapat dipandu langsung oleh Kadis Henry Kaitjily,” ujar Dino.

Henry sendiri yang merupakan seorang diplomat aktif Kementerian Luar Negeri RI yang sedang diperbantukan di Pemprov Sulut dengan sangat piawai menggiring pertemuan hingga berlangsung nyaman dan akrab.

“Pak Gubernur Olly dan Pak Wagub Steven selalu berpesan agar wisatawan asal Tiongkok dan semua wisatawan dari negara lain yang ke Sulut selalu diberikan treatment, dijaga dengan nyaman dan aman. Itu harga mati,” kata Henry.

============================================================
============================================================
============================================================