TAMANSARI TODAY – Fenomena banjir di Jakarta, kerap menyalahkan wilayah Kabupaten Bogor. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bogor berupaya membenahi dan menata aliran di kawasan hulu, salah satunya Setu Tamansari yang berada di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari.

Penataan setu ini pun dihadiri Bupati Bogor Ade Yasin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Muliadi, Camat Tamansari Bayu Ramawanto, beserta jajaran Muspika dan perangkat Desa Tamansari.

Bupati Bogor, Ase Yasin mengatakan, setu di Kabupaten Bogor ada 96 dan salahsatunya Setu Tamansari. Setu tersebut berada di hulu sungai Ciapus dan saat ini sedang dibenahi atau dilakukan bebersih oleh Pemerintah Desa Tamansari dan warganya.

BACA JUGA :  Pasangan Jaro Ade - Anang Hermansyah Berpeluang Maju di Pilbup Bogor 2024

“Ya, di Kabupaten Bogor ada 96 Setu dan kita sedang benahi satu persatu. Bebersih Setu Tamansari itu merupakan langkah dalam mengendalikan banjir, baik di wilayah Bogor atau pun Jakarta. Jadi tujuan dari kegiatan ini bagaimana kita meminimalisir banjir,” kata Ade saat menghadiri bebersih Setu Tamansari, Jumat (6/3/2020).

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Bayi di Sungai Ngelo Jepara, Pelaku Pembuang Masih Diburu

Selain mengendalikan banjir, bebersih setu juga sebagai langkah dalam menjaga kelestarian alam, menjaga lingkungan, menambah destinasi wisata di Kabupaten Bogor dan terakhir tentu bisa menambah perekonomian desa.

Ade juga menjelaskan, dalam penataan setu ini bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), sedangkan pengelolaannya dikelola oleh Badan usaha milik desa (Bumdes) Desa Tamansari.

============================================================
============================================================
============================================================