Oleh : Ivan Fadillah

(Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Kota Bogor)

Di penghujung tahun 2019, dunia di hebohkan dengan wabah yang bernama Covid 19. Virus ini berawal ditemukan di salah satu Wilayah China tepatnya di provinsi wuhan. Menurut Ahli Virus covid 19 ini adalah hasil evolusi alami yang sudah ada di alam liar.

Wabah virus Corona ini sudah ada muncul 200 Tahun sebelum Masehi, corona virus jumlahnya itu ada ratusan, covid 19 salah satu dari itu, Corona Virus akan terbagi empat, alfa, beta, delta dan gama. Alfa dan beta untuk hewan mamalia, dan untuk beta adalah manusia, ada Sars, dan ada Mers. wabah virus Covid 19 ini hampir mirip dengan Sindrom Pernapasan Timur Tengah atau Mers dan Sindrom Pernapasan akut parah atau Sars.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 26 Maret 2024

Sejauh ini covid 19 masih menjadi perbincangan di sejumlah negara dan bukan hanya di china, negara-negara lain mulai terjangkit virus covid 19, lantaran kasusnya kian meningkat hingga Word Health Organization (WHO) menetapkan virus tersebut menjadi Pandemi.

Wabah covid 19 mulai menjangkit Negara Indonesia di mulai awal Maret, dengan kasus Awal yang di nyatakan positif Corona berjumlah 2 orang, sampai sekarang data terbaru per tanggal 06 April 2020 pukul 12.00 WIBada total 2.491 kasus Positif Covid 19 tersebar di 32 Provinsi.

BACA JUGA :  Forum lintas Ormas Buka Bazaar Gebyar Ramadhan 1445 Hijriah di Pakansari

Dengan semakit meningkatnya kasus virus Covid 19 di Indonesia, pemerintah Indonesia mengintruksikan Kepada pejabat kepala daerah, untuk melakukan physical distancing dan Social distancing. Terbaru Pemkab Kabupaten Bogor menyebut ada delapan kecamatan yang menjadi zona merah penyebaran virus covid 19 diantaranya Kecamatan Bojong Gede, Cibinong, Gunung Putri, Parung panjang,Cileungsi, Jonggol, Ciomas dan Ciampea
Untuk mengurangi Penyebaran Covid 19, di Desa Cibitung Tengah, Kec. Tenjolaya, telah membentuk tim satuan Petugas ( Satgas) untuk mengantisipasi menyebarnya virus covid 19.

============================================================
============================================================
============================================================