Intinya kurangi bicara yang sia-sia dan tidak memberi manfaat, apalagi melakukan ghibah. Bukankah gara-gara bicara, seseorang bisa masuk penjara, atau bahasa kerennya mulutmu adalah harimaumu.

2. Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, hikmah dari Prokea mencuci tangan adalah berwudu. Berwudu 5 kali sehari jadi salah satu cara efektif untuk mencegah kuman di tubuh kita. Sehingga jika kita sehat walafiat terbebas dari kuman, dan masih banyak manfaat wudu yang lainnya.

3. Menjaga jarak, hikmah dari Prokea menjaga jarak adalah kita harus menjaga jarak pergaulan antara lawan jenis, agar tidak terjadi fitnah dan maksiat. Bukankah pacaran dan perzinaan itu dimulai dari pergaulan bebas yang tanpa jarak antara pria dan wanita?

BACA JUGA :  Penemuan Mayat ODGJ Pria di Halaman Masjid Caringin

4. Menjauhi kerumunan, hikmah dari Prokea menjauhi kerumunan adalah kita disuruh untuk muhasabah. Muhasabah adalah evaluasi terhadap diri sendiri agar lebih baik, dengan mengacu kepada Alquran dan hadis Nabi sebagai dasar penilaian, bukan berdasarkan keinginan diri sendiri.

Baca Juga : ISRA’ MI’RAJ SEBAGAI SPIRIT UNTUK KEBERKAHAN NKRI

Baca Juga : VISIPENDIDIKAN INDONESIA 2035 BERTENTANGAN DENGAN UUD 45

Muhasabah agar hasilnya lebih baik bisa dilakukan di Masjid, karena suasananya mendukung. Apalagi jika diniatkan dengan I’tikaf yaitu berdiam diri di Masjid disertai dengan niat, semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT.

BACA JUGA :  Remaja di Cicalengka Bandung Dibacok Geng Motor Slotter

5. Mengurangi mobilitas, hikmah Prokea mengurangi mobilitas adalah kurangi urusan dunia dan tambah urusan akhirat. Atau kurangi cinta dunia dan tambah cinta akhirat. Bukankah dunia itu sesaat dan akhirat itu selamanya. Dunia itu tempat kita untuk beribadah kepada Allah dan sebagai bekal kita pulang ke kampung akhirat.

InsyaAllah dengan menjalankan Prokes dan Prokea, imun kita naik dan kita sehat walafiat. Tidak lupa kita memohon kepada Allah agar segera berakhir pandemi Covid 19 ini, Aamiin. Jayalah Indonesiaku. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================