Oleh : Heru B Setyawan (Guru SMA Pesat School Of Talent)

Tidak terasa pandemi Covid 19 sudah setahun lebih melanda Indonesia dan seluruh dunia. Karena lama, lebih dari satu tahun sampai penulis sudah menulis opini tentang Covid 19 sebanyak 8 buah, Dengan rincian 7 opini di Bogor Today dan satu opini di Radar Bogor.

Baca Juga : Puasa Ramadhan Sebagai Olimpiadenya Muslim

Baca Juga : Pemimpin Kaya dan Berilmu itu Baru Hebat

Adapun kedelapan opini itu berjudul, 1 Virus Corona, Saatnya Mengamalkan Sila-Sila Pancasila, 2 Hikmah Virus Corona Allah Kangen Sama Kita, 3 Setelah Ikhtiar Tobat Nasuha Untuk Melawan Virus Corona, 4 Negara Harus Melindungi Rakyatnya Dari Bahaya Virus Corona, 5 Solusi Bayar SPP Saat Pandemi Covid 19, 6 Mau Daring, Luring Atau Tatap Muka, Yang Penting Adab Diutamakan, 7 Pembelajaran Tatap Muka Aman Dan Berkah Dengan Prokes Serta Jaga Wudu, 8 Prokes Dan Protokol Keagamaan Untuk Melawan Covid 19.

BACA JUGA :  Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Kota Bogor, Sabtu 23 Maret 2024

Di awal pandemi Covid 19, Prokes (Protokol Kesehatan) hanya mengenal 3M, sekarang berubah menjadi 5M, hal ini untuk lebih mengurangi dan menghentikan pandemi Covid 19.

Maka atas dasar tersebut penulis punya ide, kenapa tidak ditambah dengan Protokol Keagamaan (Prokea). Sehingga hasilnya tambah jos gandhos, karena memakai 2 cara, yaitu secara medis dan rohani. Bukankah penyebab penyakit itu terjadi karena berasal dari makanan, gaya hidup dan pikiran. Baik akan penulis bahas satu persatu Prokes 5M diikuti dengan hikmah Prokeanya.

BACA JUGA :  Cek Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 29 Maret 2024

Baca Juga : JOKOWIMERASA LEBIH BAIK DARI SOEKARNO DAN SOEHARTO

Baca Juga : DULUHANYA FPI YANG MENOLAK MIRAS, SEKARANG SEMUA MENOLAK

1. Memakai masker, hikmah dari Prokea selalu memakai masker adalah, Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Bukhari bersabda bahwa, keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan. “Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata yang baik atau diam”.

============================================================
============================================================
============================================================