BOGOR TODAY – Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Katulampa milik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor yang terletak di Desa Cibanon, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor sudah dilengkapi teknologi komputerisasi (computerized).

Baca Juga : Sebelum Didistribusikan, Air Perumda Tirta Pakuan Lolos Uji Klinis

Hal itu diungkapkan Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan saat menunjukkan proses pengolahan air minum kepada wartawan di SPAM Katulampa, Cibanon belum lama ini.

Rino mengatakan, pengolahan air minum yang ada di SPAM Katulampa itu sudah memiliki ruangan untuk memproduksi gas klor atau pemutih (disinfektan) yang berfungsi terhadap ramah lingkungan.

Baca Juga : Sahur dan Buka Puasa Puncak Pemakaian Air Bersih

Baca Juga : Selama Ramadan, Perumda Tirta Pakuan Gratiskan Pemakaian Air di Masjid 

Kemudian, lanjut Rino, di SPAM Katulampa ini pun memiliki ruang laboratorium dan ruang monitor yang semuanya sudah berkomputerisasi. Di ruang laboratorium, pihaknya menyediakan tiga kran air, yaitu kran air baku, aerasi dan air reservoir.

“Jadi kalau air baku kita lihat berapa NPU nya, kemudian kekeruhan segala macamnya bisa dilihat di sini dan ini hasil produksinya yang masuk dari reservoir. Ini di cek satu jam sekali oleh operator jadi setiap yang keluar dari WTP maka kualitasnya terjamin,” kata Rino kepada wartawan.

Selain itu, diruang kontrol monitor terdapat sejumlah komputer yang terpasang di dinding, dimana kontrol monitor ini nanti kedepannya bisa connect ke command center Perumda Tirta Pakuan yang ada di Siliwangi.

Baca Juga : Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Launching Penggunaan Skada

Baca Juga : HUT ke 44 Perumda Tirta Pakuan, Momen Penting Tingkatkan Pelayanan 

“Ini menunjukkan pembubuhan, berapa banyak pembubuhan, berapa banyak air yang kita produksi di situ kita kelihatan 300 liter persecond termasuk di reservoir berapa 255-250 liter persecond. Jadi semua kita bisa kontrol di sini, termasuk kontrol produksinya, bisa kelihatan tuh flow nya. Flow sekarang produksinya seperti apa segala macam keliatan di sini,” bebernya.

“Kalau zaman dulu kita masih manual ngebuka backwash, tapi sekarang otomatis di sini, tinggal pencet dikeluarkan backwashnya. Jadi semua yang ada di IPA ini semuanya computerized,” tambahnya.

Baca Juga : Kualitas Air Perumda Tirta Pakuan Sudah Teruji dan Bebas Bakteri E-coli 

Masih kata Rino, SPAM Katulampa ini menjadi solusi untuk meminimalisir gangguan pasokan air bersih di Kota Bogor. “Air dari SPAM Katulampa akan didistribusikan ke wilayah Cimahpar, Tanah Baru (Bogor Utara), serta Katulampa dan Baranangsiang (Bogor Timur). Total ada 18.148 sambungan rumah (SR) yang dilayani SPAM Katulampa,” tutupnya. (Heri)