Oleh : Heru B Setyawan (Guru SMA Pesat School Of Talent)

Apa maksud dari penumpang gelap puasa ramadhan? Seperti judul opini di atas. Ternyata penumpang gelap puasa ramdhan adalah hal yang sia-sia kita lakukan saat melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Atau kegiatan yang kita lakukan saat puasa ramadhan yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Baiklah penulis akan bahas apa saja penumpang gelap puasa ramadhan:

Baca Juga : VISIPENDIDIKAN INDONESIA 2035 BERTENTANGAN DENGAN UUD 45

Seminggu setelah ramadhan penumpang gelap ramadhan adalah malas, ini dapat dilihat dari berkurangnya jumlah jamaah shalat terawih. Yang pada awal ramadhan masjid dan musholla penuh jamaah shalat terawih, sekarang tinggal setengahnya atau bahkan 2 atau 3 shaf.

BACA JUGA :  Penderita Autoimun Harus Hindari 5 Makanan Ini!

Penumpang gelap ramadhan selanjutnya adalah tradisi ngabuburit untuk menunggu datangnya bedug magrib. Ngabuburit ini bisa sekedar jalan-jalan sore, atau ada yang mengadakan balapan liar khususnya anak muda, sayang kan waktu kok diisi dengan kegiatan yang sia-sia, percuma kan.

Ada yang lebih parah bro, ngabuburit diisi dengan pacaran, biasa modus alasannya hanya nganter doi beli takjil, astaghfirullah. Pacarannya libur dulu atau tegas putus pacarannya, karena pacaran itu haram, nikah dulu baru pacaran ini yang benar.

Baca Juga : ISRA’ MI’RAJ SEBAGAI SPIRIT UNTUK KEBERKAHAN NKRI

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Mobil Warga Karangasem, 4 Armada Dikerahkan

Padahal sejarah aslinya ngabuburit bagi masyarakat Sunda itu menunggu datangnya bedug magrib dengan diisi kegiatan tadarus Al Qur’an, ‘Itikaf di masjid, mendengar tausyiah dari para Ustadz dan kegiatan amal soleh yang lain.

Tapi dalam perkembangannya ngabuburit berubah dan salah arah seperti sekarang ini. Bahkan sebelum adanya pandemi Covid 19 ngabuburit diisi dengan acara konser musik rock dan pop. Diantaranya ada acara konser musik dengan titel “Ngabuburit Bersama Slank dan Gigi” group band yang sangat terkenal dan digandrungi kaum milenial di Indonesia.

============================================================
============================================================
============================================================