BOGOR TODAY – Pasokan air bersih untuk pelanggan zona 1 yang selama ini terganggu lantaran adanya perbaikan pipa bocor di Jalur Bocimi Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor secara bertahap mulai normal, pada Jum’at (21/5/2021) sore.

Beberapa wilayah seperti Kelurahan Muarasari, Sindangrasa, Wangun dan Kertamaya dilaporkan sudah mengalir meski belum pulih normal.

Baca Juga : Layani Pelanggan di Zona 1, Perumda Tirta Pakuan Siagakan Armada Tangki Air

Manager Humas dan Pelayanan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Sonny Hendarwan mengatakan, tim gabungan telah berhasil mengalirkan air dari sumber mata air Tangkil hingga Reservoir Rancamaya. Jumat dini hari, lanjut dia, air sudah masuk ke Reservoir Rancamaya dan menunggu hingga volume air terisi hingga bisa disalurkan ke pelanggan.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan doa dari masyarakat, air sudah masuk ke Reservoir Rancamaya. Menunggu beberapa jam hingga level air di titik semestinya, kami langsung salurkan ke rumah-rumah pelanggan,” ujar Sonny, Jumat (21/5/2021).

Meski demikian, petugas dari Sub Departemen Pengaliran masih harus melakukan normalisasi jalur pipa distribusi melalui hydrant damkar. Namun pelanggan diminta tetap menampung air, karena proses normalisasi masih terus berlangsung hingga jaringan benar-benar pulih.

Baca Juga : Tirta Pakuan Upayakan Normalisasi Pipa Caringin Secara Cepat

“Saya sudah terima laporan, air masuk ke wilayah Muarasari, Sindang Rasa, Wangun, dan Kertamaya dan Pakuan Hill. Tapi beberapa tempat mati lagi. Ini biasa terjadi pada masa pemulihan. Baiknya, ketika air sudah mengalir walaupun kecil, segera tampung di bak penampungan,” kata Sonny.

Sonny berharap pelanggan bersabar menunggu hingga pasokan benar-benar pulih. “Proses normalisasi masih berlangsung. Kami belum dapat pastikan, kapan bisa benar-benar pulih. Tapi prinsipnya, air akan mengalir terlebih dahulu di daerah rendah. Kemungkinan daerah atas seperti Jalan Raya Ciawi akan lebih lama normal,” jelasnya.

Baca Juga : Pipa Caringin Diperbaiki, Tirta Pakuan Imbau Pelanggan di Zona 1 Tampung Air

Lebih lanjut dikatakan Sonny, perusahaan sudah menyiagakan tujuh unit armada untuk menyuplai air kepada seluruh daerah terdampak. Mantan Kepala Satuan Pengawas Intern ini menerangkan, Tirta Pakuan telah menyalurkan 1 juta liter air bersih melalui tangki air selama masa pemulihan.

“Rata-rata kita salurkan 350 ribu liter sehari dari 6 unit tangki 4.000 liter dan 1 unit tangki 1.000 liter. Dan ini akan terus kita kerahkan siang malam hingga pasokan pulih. Semua turun, dari manager hingga staf. Kami bahu membahu mempercepat proses normalisasi,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga mengimbau pelanggan untuk menghubungi Call Center Tirta Pakuan di nomor 0251-8324111 untuk pemesanan tangki air. (*/Heri)