BOGOR TODAY – Semenjak adanya pandemi COVID-19 di Indonesia membuat roda perekonomian di berbagai daerah mengalami penurunan. Namun, setelah satu tahun lebih pandemi covid melanda tanah air, roda perekonomian perlahan bangkit, seperti halnya di Kota Bogor.

Tepat di Hari Jadi Bogor (HJB) ke 539, Polresta Bogor Kota bersama Pemerintah Kota Bogor dan juga Kadin Kota Bogor melakukan sebuah gebrakan membangkitkan ekonomi melalui pameran UMKM Flora dan Fauna di lima hotel.

Baca juga : HJB ke 539 ‘Masih’ Ditengah Pandemi COVID-19, Bangkitkan Kewaspadaan

Pameran UMKM ini pun dihadiri langsung Wali Kota Bogor Bima Arya, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah, Ketua Kadin Kota Bogor Almer Faiq Rusdi,
Ketua Komisi 3 DPRD Kota Bogor Zaenul Mutaqin, Kepala Dinas UMKM, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pameran UMKM flora dan fauna ini sebagai langkah membangkitkan ekonomi ditengah pandemi COVID-19. Hampir dua tahun menjalani situasi pandemi Covid-19, sejak Januari 2020 tahun lalu sampai saat ini, Polresta Bogor Kota sudah melakukan 30 kegiatan yang dipersembahkan untuk Kota Bogor terkait dimensi kesehatan.

“Hari ini 31 kegiatan penguatan ekonomi. Sebagai mana pesan dari Presiden Jokowi. Ujungnya produktivitas dan membangkitkan gairah dalam memulihkan perekonomian di Kota Bogor. Sehingga melalu polisi Sahabat UMKM ini, kami menginjakan UMKM bersama kami. Ini upaya kita meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga kami memberikan jaminan terhadap UMKM di Kota Bogor,” kata Susatyo, Kamis (3/6/2021).

Baca juga : DPRD Ingatkan Pemkot Bogor Perbaiki Laporan Keuangan dan Aset

Sementara, Ketua Kadin Kota Bogor Almer Faiq Rusdy menuturkan, pameran UMKM flora dan fauna ini merupakan kolaborasi dan sinergitas dari Polresta Bogor Kota, Kadin, PHRI dan didukung oleh Pemkot Bogor.

“Ini bukti keberpihakan Kadin Kota Bogor kepada sektor UMKM. Hari ini HJB ke 539 dan dijadikan momentum untuk membangkitkan UMKM maupun sektor lainnya, agar terus maju dan berkembang. Kadin tidak hanya memikirkan diri sendiri, keberadaan UMKM jadi perhatian. Kedepan, bagaimana UMKM bisa berdaya saing dan terus maju walaupun dalam situasi pandemi covid-19,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya mengapresiasi apa yang dilakukan Kapolresta Bogor Kota. Menurutnya, pameran UMKM ini merupakan manifestasi sesuai dengan arahan Presiden Jokowi terkait pemulihan ekonomi dan membangkitkan sektor usaha.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Polresta Bogor Kota yang membuka pameran UMKM ini. Selama ini Forkopimda solid dan kompak, karena banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh Kapolresta di Kota Bogor,” ungkap Bima.

Lanjut Bima, HJB tahun lalu adalah tahun senyap, nyaris tidak ada kegiatan apa-apa, hanya rapat Paripurna saja. Tetapi, tahun ini lebih terasa berbagai kegiatan walaupun ditengah pandemi COVID-19. “Apa yang dilakukan Kapolresta berkolaborasi dengan Kadin dan lainnya sejalan dengan impian kita bahwa UMKM harus berjalan cepat dan mengambil potensi pasar walaupun ditengah pandemi. Saya juga mengapresiasi Kadin Kota Bogor yang sudah menunjukan program kerjanya dalam membantu pemulihan ekonomi di Kota Bogor,” tandasnya.

Senada, Ketua Komisi 3 DPRD Kota Bogor Zaenul Mutaqin mengapresiasi yang dilakukan Kapolresta Bogor Kota. Kegiatan yang digagas dan di inisiasi oleh Kapolresta ini sangat positif. Jadi perlu didukung penuh oleh semua pihak, terutama Pemkot Bogor.

“Saya mengapresiasi kegiatan Kapolresta ini sebagai bentuk upaya pemulihan ekonomi yang dicanangkan Presiden Jokowi. Tentu saja tidak hanya UMKM disektor flora dan fauna, tetapi sektor lain harus dibangkitkan agar semua sektor ekonomi tumbuh dengan baik,” ujar Zaenul yang juga Ketua DPC PPP Kota Bogor ini. (Heri)