Maka dengan berlakunya aturan jalur zonasi ini yang sudah berjalan beberapa tahun ini, tujuan tersebut mulai terlihat hasilnya. Dulu yang namanya sekolah negeri tertentu (baca favorit) hampir 100 % peserta didiknya kalangan jet set, yaitu anak pejabat, selebritis dan pengusaha, gak ada bro anaknya wong cilik.

Imbasnya ya sekolah swasta yang diuntungkan, karena anak golongan jet set yang tidak diterima di sekolah negeri ini, maka akan mendaftar ke sekolah swasta yang favotit juga. Tidak mungkin orang tuanya akan memasukkan buah hatinya di sekolah swasta yang “ece-ece” atau di sekolah swasta yang asal-asalan.

Saatnya nanti setelah jalur zonasi peserta didik, untuk berlaku juga jalur zonasi untuk guru, sehingga betul-betul merata guru yang berkualitas menyebar merata ke semua sekolah. Jika dulu guru berkualitas terkumpul di sekolah negeri favorit saja.

BACA JUGA :  Bibir Hitam Gegara 5 Kebiasaan Ini, Simak Sampai Akhir!

Jalur afirmasi ditujukan untuk peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan anak penyandang disabilitas. Hal ini untuk memastikan masyarakat dari ekonomi tidak mampu dan anak penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan pendidikan berkualitas.

Baca Juga : HRS HARUSNYA DIRANGKUL JANGAN “DIPUKUL”

Jalur afirmasi adalah jalur untuk siswa yang menerima program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemda (penerima KIP).
Peserta didik yang masuk dalam jalur afirmasi merupakan peserta didik di dalam dan di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan. Penentuan peserta didik jalur afirmasi diprioritaskan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan sekolah.

BACA JUGA :  Polisi Amankan 29 Remaja di Semarang Bawa Cerulit, Diduga akan Tawuran

Jalur afirmasi ini juga menguntungkan sekolah swasta, karena peserta didik yang kurang beruntung secara ekonomi ini bisa diterima di sekolah negeri. Akibatnya peserta didik yang ekonomi menengah ke atas yang tidak diterima di negeri, bisa masuk di sekolah swasta yang bayarnya pasti lebih mahal.

Sementara untuk sekolah swasta yang belum maju, akan terbantu juga jika jalur peserta didik afirmasi ini masuk ke sekolah ini, karena secara peserta didik ini sudah terbantu oleh KIP (Kartu Indonesia Pintar), sehingga secara otomatis sekolah ini juga terbantu dari segi pembayaran SPP. Jayalah Indonesiaku. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================