Baca Juga : JALUR ZONASI DAN AFIRMASI MENGUNTUNGKAN SEKOLAH SWASTA 

4. Adanya kebebasan untuk mengembangkan kurikulum, pendidikan disekolah swasta tidak textbook. Inilah mengapa sekolah swasta sering melakukan pembelajaran yang tidak terpaku dalam textbook. Kurikulumnya pun mengikuti standar internasional seperti di Australia, Singapura, Cambridge, atau Madinah.

5. Kegiatan ekstra kurikuler yang beragam, sekolah swasta terkenal dengan kegiatan ekstra kurikulernya yang banyak dan mengasyikkan. Selain kegiatan belajarnya di dalam kelas, aspek belajar di luar mata pelajaran pun dihadirkan untuk mengasah kemampuan siswa di bidangnya. Dengan begitu, setiap peserta didik dapat memilih kegiatan tersebut sesuai keinginannya dan bakatnya.

BACA JUGA :  Bahas Koalisi Jelang Pilkada 2024, PKB Jadi Parpol Pertama Yang Disambangi Golkar

6. Sekolah dimiliki dan dikelola oleh yayasan atau perseorangan, sehingga segala kebijakan dan aturan sekolah pun lebih mudah, fleksibel, anti ribet, tidak direpotkan oleh aturan birokrasi yang memusingkan dan mudah menyesuaikan keadaan yang mudah berubah saat globalisasi ini.

7. Jumlah siswa yang lebih sedikit di tiap kelas, sehingga lebih fokus belajarnya. Banyaknya jumlah siswa berpengaruh pada tingkat perhatian guru pada setiap peserta didik. Karena jumlah siswa lebih sedikit, maka guru akan mampu memahami karakteristik setiap anak didiknya.

BACA JUGA :  Jadwal Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 1 Mei 2024

Baca Juga : KANGEN DENGAN KRITIKAN IWAN FALS LEWAT LAGUNYA 

8. Untuk sekolah swasta yang berciri Islam Terpadu (IT) atau yang berbasis keagamaan, maka ada nilai plusnya, yaitu adanya penambahan mata pelajaran atau nilai-nilai keagamaan. Hal ini sangat dibutuhkan orang tua yang sibuk sehingga tidak sempat mengajarkan nilai-nilai agama kepada buah hatinya.

Yang pada akhirnya akan membuat orang tua percaya dan nyaman menyekolahkan buah hatinya di sekolah swasta tersebut. Jayalah Indonesiaku. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================