Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Pendidikan & Guru SMA Pesat School Of Talent)

Pengertian dari gotong royong menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti bekerja bersama-sama (tolong- menolong, bantu-membantu), merupakan manifestasi konkret dari semangat kebersamaan antar-masyarakat dalam bantu-membantu dan tolong-menolong.
Pada jaman dahulu, nilai gotong royong ini masih sering kita jumpai baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan.

Dimana gotong royong ini dilakukan dalam berbagai kegiatan. Bahkan dapat dikatakan bahwa budaya gotong royong merupakan sebuah tradisi yang sudah mengakar bagi masyarakat Indonesia. Berikut contoh tradisi gotong royong masyarakat pedesaan.

1.Gotong royong Rambu Solo dari Tana Toraja, 2. Gotong royong Morakka’bola dari Bugis Barru, Sulawesi Selatan, 3. Gotong royong Marsialapari di Mandailing, Sumatra Utara, 4.Gotong royong Sinoman di Jawa, dan lain-lain.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 18 April 2024

Bentuk gotong royong di masyarakat perkotaan adalah: kerja bakti, jadwal ronda, mengadakan acara keagamaan dan perayaan HUT RI, membangun sarana fasilitas umum serta ibadah.

Gotong royong juga dilakukan jika ada peristiwa kematian atau musibah yang lain, misalnya adanya banjir serta bencana alam lainnya, termasuk seperti adanya pandemi Covid 19 yang sekarang terjadi.
Setelah masyarakat pengalaman menerapkan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, maka saatnya sekarang gotong royong ini, kita terapkan dalam menghadapi adanya pandemi Covid 19.

BACA JUGA :  Sajian Malam Hangat dengan Bakso Udang Kuah Bening yang Gurih dan Mantap, Wajib Coba

Penulis sering melihat jika tetangga kita terpapar positif Covid 19 dan sedang isoman, , maka tanpa dikomando oleh pak RT, kita semua terutama tetangga terdekat akan menolong tetangga tersebut yang positif Covid 19.

Semua masyarakat Indonesia tergerak untuk membantu menanggulangi pandemi Covid 19 sesuai dengan fungsi dan kemampuan masing-masing. Tidak ketinggalan juga semua Ormas, Parpol, Sekolah, Perguruan Tinggi, pengusaha, tokoh masyarakat, Ulama/Rohaniawan, selebritis, youtuber juga berkontribusi memberikan donasinya. Sehingga manfaat dari gotong royong adalah:

============================================================
============================================================
============================================================