Banjir Gunung Mas Kalimantan
Banjir Gunung Mas Kalimantan Tengah.

BOGOR-TODAY.COM, GUNUNG MAS – Sebanyak 3.642 rumah di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah terendam banjir setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi selama beberapa hari kebelakang. Banjir juga mengakibatkan kurang lebih 3.685 kepala keluarga atau 13.638 jiwa terdampak.

Melansir cnnindonesia.com, Sabtu (25/9/2021) malam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Tengah mencatat terdapat 12 kecamatan di Kabupaten Gunung Mas yang terdampak banjir, yaitu Kurun, Tewah, Mihing Raya, Sepang, Rungan Hulu, Rungan, Rungan Bara, Manuhing, Manuhing Raya, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Minasa.

Baca Juga :  Minyak Kelapa Bermanfaat Untuk Kecantikan dan Kesehatan, Nomor 5 Cocok Buat Diet

Saat ini daerah yang masih terendam banjir adalah Kecamatan Rungan Hulu, akan tetapi kondisi air sudah mulai surut. Status tanggap darurat banjir yang berlaku sejak 16 September diperpanjang sampai 30 September 2020.

Baca Juga :  Viral Mobil Dinas Patroli Jalan Raya Digunakan Untuk Pacaran

Pihak BPBD Kabupaten Gunung Mas telah menyalurkan bantuan sosial di Kelurahan Teweh berupa 7.250 kilogram beras.

Berdasarakan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berlaku sejak 1 hingga 2 September 2021, Kalimantan Tengah berstatus waspada terdampak hujan lebat hingga menyebabkan banjir bandang.