Ramalan Ngeri Soal Bumi, Terungkap Sisa Umur Matahari

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Matahari merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup di bumi. Matahari sebuah bintang yang paling dekat dengan bumi.

Seperti bintang lainnya, Matahari merupakan sebuah benda panas yang tersusun oleh berbagai gas yang bertekanan tinggi.

Matahari adalah raksasa jika dibandingkan dengan planet yang terbesar sekali pun. Diameter Matahari 109 kali diameter Bumi, yaitu 1,4 juta km. Walaupun Matahari itu berbentuk gas, beratnya lebih dari 300.000 kali berat Bumi.

Saat ini, matahari berusia sekitar 4,6 miliar tahun, kemungkinan akan tetap hidup hingga 10 miliar tahun. Namun dalam perjalanannya menuju kematian, Matahari akan mengalami perubahan.

BACA JUGA :  Obat Alami Sesak Napas yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Dia Caranya

Disebutkan dalam lima miliar waktu, Matahari akan menjadi raksasa merah. Inti bintang besar itu menyusut namun bagian luarnya akan membesar hingga Mars dan menelan Bumi.

Skenario ini terjadi jika kehidupan Bumi masih ada. Salah satu prediksi menyebutkan kehidupan manusia hanya tersisa 1 tahun lagi kecuali bisa keluar dari masalah peningkatan kecerahan Matahari yang mencapai 10% per satu miliar tahun.

Sebuah penelitian menyebutkan Matahari diperkirakan akan menjadi planet Nebula, yakni gelembung gas dan debu bercahaya. Namun ini membelah dua pendapat, antara kematian Matahari harusnya lebih masif dan Nebula yang merupakan mayat Matahari ungkap tim astronom internasional pada 2018.

BACA JUGA :  Gertak PSN di Kota Bogor, Libatkan Siswa Berantas Sarang Nyamuk

“Ketika sebuah bintang mati, akan mengeluarkan gas dan debu dikenal sebagai selubung ke luar angkasa. Selubung itu bisa mencapai setengah dari masa bintang. Ini akan mengungkapkan inti bintang yang pada titik ini maih berjalan, kehabisan bahan bakar, lalu mati,” kata salah satu penulis makalah dari Universitas Manchester dan astrofisikawan Albert Ziljstar, dikutip Science Alert, Kamis (7/10/2021).

============================================================
============================================================
============================================================