11 Penyebab Rambut Beruban
11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Uban kerap diidentikkan dengan pertambahan usia. Padahal, rambut beruban juga bisa dijumpai pada orang-orang muda.

Selain itu, ada anggapan bahwa jika muncul uban di usia muda artinya orang tersebut mudah marah atau sering stres. Benarkah demikian?

Melansir klikdokter.com, Rabu (1/12/2021) berikut 11 penyebab rambut beruban di usia muda:

1.Kekurangan Vitamin Tertentu

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Trichology pada tahun 2016. Hasil penelitian tersebut menemukan salah satu pemicu tumbuhnya uban di usia muda, penyebabnya bisa jadi karena kekurangan vitamin. Ya, kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D, atau vitamin E.

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Studi lain yang dilansir di jurnal Development menyebutkan, kekurangan vitamin D3 dan vitamin B12 dapat menyebabkan rambut beruban.

2. Genetik atau Faktor Keturunan

Berdasarkan penelitian di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada tahun 2013 menyebutkan, uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan di keluarga. Selain itu, ras dan etnis tertentu juga bisa berperan.

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Studi yang sama pada ras Kaukasian menemukan, kemunculan uban dapat dimulai dari usia 20 tahun. Sementara, pada ras Asia dimulai di usia 25 tahun, dan ras Afrika-America di usia 30 tahun.

3. Kondisi Medis Tertentu

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, gangguan fungsi tiroid juga bisa menyebabkan rambut beruban di usia muda.

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Selain itu, kondisi vitiligo dapat menjadi penyebab rambut putih di usia muda karena kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam pewarnaan rambut.

BACA JUGA :  Kasus DBD Melonjak, Kota Bogor Siap Lakukan Gerakan Jumantik Lebih Masif

4. Stres

Banyak yang menganggap stres merupakan salah satu pemicu munculnya uban di usia muda.

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Faktanya, penelitian yang dimuat di jurnal Nature Medicine menyebut bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika Anda sedang stres.

Meski begitu, penelitian lain mengemukakan bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor, hanya saja persentasenya kecil. Jadi, uban lebih sering disebabkan oleh faktor lainnya.

4. Kebiasaan Merokok

Merokok tak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, stroke, ataupun hipertensi. Gaya hidup tidak sehat ini juga dapat memicu uban muncul lebih cepat.

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Italian Dermatology Online Journal pada tahun 2013, perokok berisiko 2,5 kali lebih tinggi untuk ubanan sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Studi lain yang dilansir oleh Journal of the American Academy of Dermatology pada tahun 2015 juga mendukung hal yang sama. Peneliti menyimpulkan, merokok bisa menyebabkan uban di usia muda, terutama pada pria.

4. Dampak Penggunaan Produk Penataan Rambut

Hati-hati! Produk pewarna rambut, sampo, dan produk rambut lainnya dapat menjadi penyebab rambut putih di usia muda.

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Pasalnya, beberapa produk bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya yang berisiko mengurangi produksi melanin.

Hidrogen peroksida yang banyak terdapat pada produk pewarnaan rambut, misalnya, merupakan salah satu bahan kimia yang dapat memicu timbulnya uban lebih dini bila digunakan secara berlebihan.

5. Penyakit Autoimun

Penyakit Autoimun  juga bisa menyebabkan rambut putih prematur. Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Pada kasus alopesia dan vitiligo, sistem imun dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

BACA JUGA :  Kecelakaan Avanza di Garut Tabrak Pejalan Kaki, 2 Orang Tewas

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

6. Neurofibromatosis

Neurofibromatosis merupakan kondisi bawaan sejak lahir. Kondisi ini menyebabkan tumor tumbuh di sepanjang saraf dan perkembangan tulang serta kulit yang tidak normal.

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

7. Paparan Radikal Bebas

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Radikal bebas adalah molekul yang dapat mengganggu dan merusak fungsi membran sel, protein, dan gen pada tubuh. Kerusakan akibat paparan radikal bebas dikenal dengan istilah stres oksidatif.

10. Polusi

Tinggal dan beraktivitas di tempat yang penuh dengan polusi membuat tubuh Anda sering terpapar dengan zat-zat beracun. Zat tersebut dapat bereaksi dengan tubuh dan menghasilkan senyawa radikal bebas.

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Apabila kadar antioksidan pada tubuh cenderung rendah, radikal bebas dapat dengan leluasa menyebabkan banyak gangguan pada fungsi tubuh. Hal ini bisa memicu proses penuaan yang lebih cepat, sehingga Anda pun lebih berisiko mengalami penuaan dini.

11. Hormon

Hormon memiliki peran yang penting bagi tubuh manusia. Saat menginjak usia 30-an, hormon di dalam tubuh Anda mulai mengalami perubahan sedikit demi sedikit. Hal tersebut turut memengaruhi berbagai kondisi tubuh, tak terkecuali rambut.

11 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Akibat perubahan hormon, tekstur rambut bisa berkurang. Begitu juga dengan warna alami rambut yang bisa semakin tampak putih seiring berjalannya waktu.

Meski tidak berbahaya, kemunculan uban di usia muda tentu dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri. Oleh karena itu, perhatikan dan waspadai penyebab timbulnya uban di usia dini. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================