Tiga Gunung Aktif
Ilustrasi Gunung erupsi.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTATiga gunung aktif di wilayah Indonesia berpotensi erupsi besar. Hal itu tercatat di Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Ketiga Gunung tersebut berstatus level III atau siaga, seperti, gunung Merapi, Sinabung, dan Ili Lewotowok.

Melansir cnnindonesia.com, Senin (13/12/2021) Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono menyebut  ketiga gunung itu masih dalam pantauannya, sehingga sejauh ini masih diprediksikan erupsi besar.

BACA JUGA :  Jaro Ade Kantongi 10 Nama Pendamping di Pilkada 2024

“Ini baru prediksi, kemungkinan erupsi besar, tapi kan belum bisa diumumkan ke masyarakat bahwa akan ada erupsi besar,” ujar Eko, seperti dikutip cnnindonesia.com

Meski berpotensi erupsi besar, kata Eko, namun dirinya belum dapat memastikan kapan ketiga gunung itu bakal mengeluarkan awan panas guguran skala besar.

Dirinya juga menyebut bahwa kini masih terus dilakukan pantauan aktivitas di seluruh gunung api aktif selama 24 jam.

BACA JUGA :  RPJPD Kota Bogor 2025 - 2045, Kota Sains Kreatif, Maju dan Berkelanjutan

Langkah itu dilakukannya, lantaran beberapa gunung api aktif sudah mengeluarkan ciri erupsi besar seperti adanya aliran magma ke atas permukaan gunung, kandungan gas kimia, deformasi atau pembengkakan struktur gunung, hingga ketampakam visual.

“Pantauan seismik dalam dan dangkal juga tak luput dari rekaman. Sehingga, apabila menunjukkan parameter semakin banyak, masyarakat bisa waspada dan hati-hati,” tutur Eko

============================================================
============================================================
============================================================