Mistis

BOGOR-TODAY.COM – Beberapa orang memiliki keyakinan bahwa hal supernatural atau mistis merupakan kejadian yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan manusia.

Namun, ada yang percaya dan tidak. Lalu, hal apa yang membuat orang percaya mistis? Simak fakta dari psikolog!

Melansir dari livescience, Rabu (5/1/2022) seorang penulis sains, Matthew Hutson, mengungkapkan hal yang mendasari keyakinan hal mistis pada seseorang adalah perasaan bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Sup Tofu dan Jamur Bekuah Gurih

Sementara, Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog menyebutkan bahwa hal lain yang membuat seseorang percaya mistis adalah karena pengaruh dari faktor nilai dan budaya yang dianut. Seperti dari keluarga ada yang cerita tentang pengalaman babi ngepet. Nantinya, kata Ikhsan individu itu menjadi teringat bahwa hal yang saat ini terjadi memang benar-benar ada.

“Contoh kasus tersebut membuktikan bahwa anak-anak usia balita umumnya hidup dalam imajinasi yang diciptakan oleh orangtuanya,” terang Ikhsan, seperti mengutip klikdokter.com

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 19 April 2024

Imajinasi tersebut, sambung Ikhsan bisa berasal dari dongeng yang dibacakan sebelum tidur; atau cerita lainnya, seperti peri gigi atau pahlawan super.

Dengan begitu, balita yang mendengar kisah tersebut akan dengan mudahnya percaya, karena mereka belum punya pemikiran yang logis.

============================================================
============================================================
============================================================