Ratusan Warga Jatim Terserang DBD, Belasan Orang Meninggal Dunia

BOGOR-TODAY.COM, JATIM – Meningkatnya Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jawa Timur semakin mengkhawatirkan. Dalam sepanjang Januari 2022 ini, sebanyak 977 orang terjangkit DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, dr. Erwin Astha Triyonno menjelaskan kasus terbanyak tercatat di Bojonegoro dengan 112 orang terjangkit, disusul Nganjuk 72 orang, Malang 66 orang, Ponorogo dan Sidoarjo, masing-masing 53 orang.

“Selama 1-24 Januari 2022, ada 977 orang yang terkena DBD,” ujarnya, Kamis (27/1/2022).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 17 orang dilaporkan meninggal dunia, lanjutnya. Rinciannya, di Kabupaten Pamekasan tiga orang, Kabupaten Bojonegoro dua orang, Kabupaten Nganjuk dua orang, Kabupaten Bangkalan satu orang dan Kabupaten Kediri satu orang.

BACA JUGA :  Kurangi Peradangan Pada Tubuh, Ini Dia Buah Terbaik yang Bisa Dikonsumsi

Erwin mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan bahaya DBD, walaupun sekarang tetap fokus pada ancaman Virus Corona atau COVID-19, terlebih kemunculan varian omicron.

Menurutnya, langkah preventif dan promotif jauh lebih efektif terkait dengan penanganan DBD. Selain itu, edukasi menjadi pilihan terbaik karena demam berdarah tidak lepas dari faktor utama, yakni nyamuk.

Sehingga ke depan, edukasi ke masyarakat terkait 3M, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas, menjadi kunci terbaik, lanjutnya.

“Dimaksimalkan juga penggunaan pengasapan atau abate, tapi sesuai indikasi. Indikasi terbaik pengasapan adalah ketika ada pasien di situ,” ujar dr. Erwin.

BACA JUGA :  Turunkan Berat Badan ala Perempuan Jepang dengan 5 Kebiasaan Ini

“Pengasapan untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa, sedangkan abate untuk jentik-jentiknya,” lanjutnya.

Sementara itu, sebanyak 31 kasus yang terkonfirmasi DBD di Kota Surabaya selama Januari 2022, mayoritas menyerang anak usia 5-14 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, mengingat cepatnya perubahan kondisi klinis pasien DBD, maka diharapkan masyarakat segera melakukan pemeriksaan laboratorium rutin terhadap kasus demam lebih dari tiga hari.

“Tentunya dengan gejala yang mengarah ke infeksi dengue, seperti nyeri kepala, mual, nyeri otot, nyeri di belakang bola mata dan adanya bercak kemerahan di kulit,” tutur dia. (net)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================