15 Anggota GMBI
Petugas mengamankan sejumlah barang bukti dari markas GMBI di Bogor. Foto : Dokumen Polres Bogor.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR15 anggota GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) diamankan di Bogor. Penangkapan tersebut merupakan buntut demo ricuh di Mapolda Jabar Kamis (27/1/2022) lalu.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin menyebut selain itu, 5 motor dan 1 mobil serta beberapa bilah senjata tajam (sajam) seperti samurai, parang dan golok juga turut diamankan.

“Penyisiran dan penangkapan ini atas dasar kejadian demo di Mapolda Jabar. Sehingga kami melakukan penyisiran di wilayah hukum Polres Bogor,” kata Iman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga :  Tirta Pakuan Minimalisir Gangguan Layanan Saat Pengerjaan Penggantian Valve Induk

Iman mengatakan pihaknya juga sempat memberikan pembinaan dan pendataan terhadap ormas GMBI di Bogor tersebut. Dia juga mengimbau agar GMBI di wilayah Kabupaten Bogor tidak terprovokasi kejadian ricuh di Bandung.

“Sudah diimbau, soal keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kepada mereka untuk dapat menahan diri. Tidak terprovokasi terhadap kejadian yang terjadi di Polda Jabar,” ujarnya

Baca Juga :  Kerap Terabaikan Akan Khasiatnya, Ini Segudang Manfaat Kulit Mangga

Tak hanya itu, Iman memastikan pihaknya juga melakukan penjagaan di kawasan-kawasan perbatasan Kabupaten Bogor. Hal itu bertujuan mengantisipasi anggota GMBI yang hendak menuju ke Kota Bandung.