Prabowo Subianto
Indonesia sepakat membeli total 42 jet tempur Rafale hingga kapal selam dari Prancis.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sepakat mengakuisisi 42 jet tempur Dassault Rafale generasi 4,5 buatan Prancis. Kesepakatan pembelian itu ditandatanganinya saat menjamu kedatangan Menhan Prancis Florence Parly di Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Prabowo memaparkan untuk tahap pertama Indonesia akan memboyong 6 unit pertama jet Rafale.

“Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat,” kata Prabowo di Kantor Kementerian Pertahanan RI seperti dikutip Antara.

Prabowo menuturkan selain jet tempur, Indonesia juga akan membeli dua kapal selam kelas Scorpene dari Prancis.

BACA JUGA :  KUSTA, KENALI PENYAKITNYA RANGKUL PENDERITANYA

Pembelian kapal selam itu bagian dari kerja sama penelitian dan pengembangan kapal selam antara PT PAL dengan Naval Group.

“Tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam kelas Scorpene dengan AIP beserta persenjataan dan suku cadang yang dibutuhkan termasuk latihan,” kata Prabowo.

Selain itu, RI-Prancis juga meneken sejumlah nota kesepahaman (Mou) terkait kerja sama antara Dassault dan PT DI untuk pemeliharan, perbaikan, dan overhaul pesawat-pesawat perang Prancis di Indonesia, seperti Rafale, Helikopter Caracal, dan lainnya.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Jember, 2 Motor Adu Banteng Tewaskan 2 Orang, 2 Kritis

Kedua negara juga menandatangani MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group, serta kerja sama pembuatan amunisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.

============================================================
============================================================
============================================================