Perumda Tirta Pakuan Tekan Angka Kebocoran Pipa Tahun Ini

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Perusahaan Umum Daerah (Perumda)Tirta Pakuan Kota Bogor mencatat ada angka kehilangan air sekitar 27,51 hingga Desember 2021 lalu. Jumlah tersebut mengalami penurunan sekitar 2,5 persen dari angka kehilangan air pada tahun sebelumnya.

Pada tahun 2022 ini, Perumda Tirta Pakuan pun optimis bisa kembali menurunkan angka kehilangan air sekitar 1 persen dari angka sebelumnya.

Salah satunya, dengan upaya mengurangi kebocoran air yakni dengan penggantian pipa-pipa air yang kerap bocor. Hal itu diungkapkan Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf.

BACA JUGA :  Kota Bogor Jalankan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR

Menurutnya, tahun ini Perumda Tirta Pakuan bakal mengganti beberapa pipa berukuran besar yang ada di beberapa titik jalan protokol di Kota Bogor.

“Penanganan kebocoran guna menekan angka kehilangan air itu menjadi prioritas pertama. Ada dua penanganan yang sifat fisik dan non fisik. Dalam penanganan fisik, ada dua tim dengan tugas berbeda, yakni tim roda empat dan roda dua,” kata Ardani, Rabu (16/2/2022).

Ia menjelaskan, tim roda dua bertugas menangani kebocoran di pipa-pipa kecil saluran menuju pelanggan, pipa-pipa dinas hingga persil. Sedangkan untuk pipa 4 inch ke atas, menjadi tugas tim roda empat.

BACA JUGA :  Pembinaan Jemaah Haji Kota Bogor, Dedie Rachim Ingatkan Jaga Kesehatan

Dijelaskannya, tingkat penurunan kebocoran awal tahun 2021 sebelumnya ada di angka 30,01 persen. Lalu pada Desember 2021 turun sebanyak 2,5 persen menjadi 27,51 persen. Sehingga pihaknya menargetkan ada penurunan angka kebocoran sekitar 1 persen.

“Mengingat terkait penanganan kehilangan air tentunya berbanding lurus dengan investasi yang kami harus lakukan,” pungkasnya. (Aditya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================