Makam Tua di Bogor Gunakan Batu Nisan Berumur Jutaan Tahun

makam
Inilah komplek pemakaman unik di Desa Cibening, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, karena batu nisannya menggunakan batu Columnar Joint yang usianya jutaan tahun.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR Berada di tengah-tengah kampung salah satu wilayah Kecamatan Pamijahan, tepatnya di Desa Cibening, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor ada sebuah komplek pemakaman yang terbilang unik lantaran beda dari komplek pemakaman pada umumnya.

Karena di komplek pemakaman yang dikenal masyaraka sekitar sebagai makam Mbah Buyut Raisah memiliki sebuah paisan atau ciri yang berbeda, dimana ciri yang digunakan pada makam tua tersebut banyak menggunakan batu Columnar Joint.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Jatim, Moge Tabrak Minibus di Jalur Pantura Probolinggo

Columnar Joint yang dalam bahasa geologi disebut kekar tiang atau kekar kolom, yang ada sejak jutaan tahun silam. Dimana Columnar Joint biasanya berbentuk hexagonal dan memanjang dan suatu misteri yang sangat menarik bagi dunia ilmu pengetahuan terutama para ahli arkeologi, geologi, bahkan antropoligi dunia terkait urusan keterbentukannya hingga kedudukannya dalam peradaban manusia.

BACA JUGA :  Warga Moncongloe Geger dengan Penemuan Bayi Kondisi Mengenaskan di Pinggir Jalan Maros

“Columnar berarti batu yang terbentuk alamiah seperti kolom atau tiang, sedang Joint adalah rekahan-rekahan pada batuan dari proses lava yang mengalami pendinginan, kemudian meretak dan menyusut,” ungkap dosen Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia (UI), Dr. Taqiyuddin yang juga Ahli Arkeologi.

============================================================
============================================================
============================================================