Formalin saat ramadan
Waspada Makanan Mengandung Formalin Saat Ramadan, Kenali Ciri-cirinya. Foto : Ilustrasi makanan mengandung formalin.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Meminimalisir peredaran makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia seperti boraks dan formalin beredar saat Ramadan, kepala Puskesmas Bunar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Rofiudin meminta masyarakat untuk mengenali jenis-jenis makanan yang mengandung bahan kimia.

Rofiudin menyebut, bahwa formalin itu merupakan cairan tidak berwarna dan mudah larut dalam air maupun alkohol. Karena, formalin ini digunakan untuk bahan perekat kayu lapis, disinfektan untuk peralatan rumah sakit dan pengawet maya.

BACA JUGA :  Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 22 April 2024

“Dan itu dilarang digunakan untuk pengawet pangan atau makanan,” ungkapnya, Rabu (6/4/2022).

Dengan demikian, masyarakat khususnya wajib mengetahui ciri-ciri pangan yang mengandung formalin atau sejenisnya yang digunakan untuk pengawet makanan, seperti mie basah, tahu, ikan asin, ikan segar juga daging ayam.

“Ciri-ciri mie basah berformalin itu tidak lengket dan tidak mudah putus, lebih mengkilat, baunya khas formalin dan bertahan lebih dari satu hari. Kalau tahu berformalin selain baunya khas formalin, juga tahunya tidak mudah hancur dan bertahan lebih dari satu hari juga, lalu untuk ikan asin dan daging, cirinya tidak dihinggapi lalat,” papar Rofiudin, Rabu (6/4/2022)

============================================================
============================================================
============================================================