Selain formalin, Rofiudin juga mengatakan, ada bahan sejenis kimia lain yang juga sering digunakan untuk pengawet makanan, yaitu Boraks, yang digunakan pada makanan seperti bakso, cilok, lontong, dan kerupuk gendar yang jika dikonsumsi bisa menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan, iritasi pada kulit dan mata, mual, dan sakit kepala. Bahkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan kegagalan sistem sirkulasi akut hingga kematian.

BACA JUGA :  Dijamin Tidur Nyenyak dengan 6 Kebiasaan Malam Hari Ini

“Ciri-cirinya tekstur sangat kenyal, tidak lengket, tidak mudah putus. Kalau kerupuk rasanya terasa getir,” katanya.

Selain makanan, banyak juga bahan kimia yang digunakan untuk jenis minuman seperti Rhodamin B dan Methanil Yellow yang juga dilarang digunakan untuk bahan makanan maupun minuman.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Warung Nasi Padang di Bandung, Diduga Gara-gara Bakar Ayam

“Untuk ciri-cirinya warna merah mencolok (Rhodamin B) atau kuning mencolok (Methanil Yellow) dan cenderung berpendar atau mengkilat serta banyak memberikan titik-titik warna yang tidak merata. Efeknya selain iritasi pada saluran pernafasan, jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan fungsi hati, kandungan kemih, hingga kanker,” tukasnya. (Didin/CR)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================