menu berbuka puasa
Makanan khas Minangkabau, Bubur kampiun.

BOGOR-TODAY.COMMenu berbuka puasa selalu identik dengan kolak, ternyata tidak hanya itu, masih banyak menu tradisional untuk berbuka puasa dari berbagai daerah dengan nama-nama uniknya. Penasaran? Yuk simak dibawah ini.

  1. Bubur kampiun

menu berbuka puasa

Makanan khas Minangkabau ini juga selalu hadir di menu buka puasa selama Ramadan. Bubur kampiun atau biasa juga disebut bubur campur ini memang mempunyai isian yang lengkap. Bubur bercita rasa manis ini terdiri dari bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan ketan hitam. Rasa manisnya yang khas membuat bubur kampiun disukai banyak orang bukan hanya orang Minangkabau saja.

2. Sate susu

Menu berbuka puasa

Sate susu adalah menu buka puasa khas dari pulau dewata. Di Bali sate susu selalu jadi makanan yang dinantikan selama bulan puasa. Sebenarnya sate susu ini terbuat dari bagian susu sapi yang dibumbui dengan bumbu khas Bali. Biasanya penjual sate susu ini akan banyak ditemui di pasar-pasar kaget penjaja makanan buka puasa.

BACA JUGA :  DPRD Kota Bogor Sahkan 2 Perda Sekaligus, Ini Rancangannya

3. Ketan bintul

Menu berbuka puasa

Menu khas yang selalu hadir saat buka puasa di daerah Serang, Banten adalah ketan bintul. Ketan bertabur serundeng ini jadi menu buka puasa yang wajib ada nih. Rasa gurih, manis, dan sedikit pedas ini memang cocok untuk dijadikan menu buka puasa.

4. Jojongkong

Menu berbuka puasa

Jojokong makanan khas Lampung ini juga selalu hadir selama bulan Ramadhan. Menu takjil jojongkong ini sebenarnya mirip dengan bubur sumsum. Jojongkong ini punya rasa manis dan gurih campuran antara rasa santan plus gula merah. Bubur jojongkong ini juga kuliner warisan Tionghoa yang jadi menu favorit selama bulan puasa.

BACA JUGA :  Menu Diet dengan Sup Sayuran Kuah Bening yang Rendah Lemak

5. Bongko kopyor

Menu berbuka puasa

Bongko kopyor takjil khas kota Gresik ini juga mudah ditemui selama bulan Ramadan. Tampilan kue tradisional ini berbeda dari kue-kue lainnya. Bongko kopyor terlihat lebih meriah karena isinya yang lengkap. Biasanya bongko kopyor terdiri dari tepung terigu, daging kelapa muda, pisang, nangka, dan roti tawar.

6. Mie glosor

Menu berbuka puasa

============================================================
============================================================
============================================================