telepon
Penyebab Seseorang Menghindari Komunikasi Lewat Telepon. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Bagi beberapa orang, suara dering telepon sangatlah mengganggu. Hal ini membuat mereka menghindari mengangkat telepon, terutama dari orang yang tidak dikenal atau tidak terlalu dekat.

Sebuah studi yang dilakukan Pew Research Center juga menunjukkan, para remaja cenderung menganggap berbicara lewat telepon merupakan komunikasi yang intim dan terbatas untuk orang terdekat saja. Oleh sebab itu, mereka pun lebih memilih berkomunikasi lewat pesan singkat ataupun media sosial.

Apakah Anda termasuk orang yang sering enggan mengangkat telepon ataupun mengobrol lewat telepon? Apa sebenarnya penyebab seseorang tidak suka ditelepon menurut pandangan psikolog? Berikut penjelasannya.

telepon
Calling plumber. Worried young long-haired woman in casual clothes crouching near sink talking on smartphone in modern kitchen at home

Penyebab Seseorang Tidak Suka Ditelepon

Terdapat beberapa penyebab seseorang menghindari komunikasi via telepon atau benci berbicara di telepon. Berikut di antaranya:

  1. Gangguan Kecemasan

Phone anxiety bisa menjadi penyebab utama seseorang tidak suka ditelepon. Phone anxiety adalah ketakutan berlebih terhadap komunikasi lewat telepon yang menimbulkan gejala kecemasan berupa jantung berdebar hingga sesak napas.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat ODGJ Pria di Halaman Masjid Caringin

Kondisi yang juga disebut fobia telepon tersebut merupakan bagian dari gangguan kecemasan sosial atau SAD (social anxiety disorder). Fobia ini biasanya dipicu oleh ketidakpastian serta makna obrolan yang ambigu di telepon.

Ekspresi lawan bicara terkait pesan yang disampaikan lewat telepon pun tidak bisa diketahui dengan pasti. Hal ini membuat orang dengan phone anxiety berpikiran bahwa lawan bicaranya mungkin akan memberikan respons yang tidak menyenangkan, sehingga munculah kecemasan.

  1. Karakter Pemalu

Menurut Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, orang yang pemalu bisa saja benci ditelepon karena adanya kecemasan pada aspek sosial. Ia menjadi bingung harus merespons apa ketika ditelepon.

“Perasaan deg-degan bisa muncul saat ditelepon. Ini karena tidak ada waktu untuk memikirkan respons yang tepat dibandingkan ketika ngobrol lewat pesan singkat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kurangi Overthinking dengan Lakukan 6 Kebiasaan Ini

Rasa malu untuk berkomunikasi lewat telepon juga umum dialami oleh orang introvert. Karakternya yang cenderung tertutup terhadap lingkungan sosial membuat orang  introvert tidak suka ditelepon.

  1. Sulit Berkomunikasi Secara Efektif di Telepon

Ketidakmampuan merespons dengan cepat obrolan melalui telepon bisa membuat seseorang enggan mengangkat telepon ataupun menelepon. Ia mungkin merasa kewalahan ketika harus berbicara di telepon dan berjuang mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan.

Kondisi ini pun tidak hanya terjadi pada orang pemalu atau memiliki masalah kecemasan sosial. Melansir VeryWell Mind, individu dengan keterampilan berbicara di publik sekalipun bisa kesulitan untuk berkomunikasi secara efektif lewat telepon.

============================================================
============================================================
============================================================