Mudik gratis
Terminal Tipe 1A Baranangsiang Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyediakan program mudik gratis yang telah dibuka sejak satu pekan lalu dan akan ditutup pada 26 April 2022 mendatang.

Pantauan bogor-today.com, Senin (18/4/2022) di Terminal Tipe 1A Baranangsiang Kota Bogor yang menjadi titik pemberangkatan mudik terpantau masih sepi peminat.

Ditemui di lokasi, Kepala Terminal Beranangsiang Moses Lieba Ary mengaku belum mendapat informasi akurat soal jumlah pendaftar mudik gratis.

Sebab, kata Moses, hal itu merupakan wewenang Dinas Perhubungan (dishub) Kota Bogor. Moses menyebut Terminal Beranangsiang hanya menjadi tempat untuk pemberangkatan pemudik.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Nasi Goreng Daun Mengkudu yang Sedap dan Lezat

“Jadi semua masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya yang mau mengunakan mudik gratis ini bisa mendaftar ke Dishub Kota Bogor. Kami hanya menjadi tempat pemberangkatan saja,” kata Moses kepada wartawan.

Pihaknya memprediksi, lonjakan penumpang di terminal Baranangsiang terjadi H-7 lebaran. Dengan demikian, pihak terminal akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Dinas Kesehatan terkait pengamanan mudik dan libur lebaran.

“Berdasarkan surat Kepala Badan dan Hubungan Darat (Hubdar) ini H-7 kita sudah mulai mempersiapkan. Sedangkan untuk petugas yang disiagakan, kami akan koordinasi dengan Dinkes Kota Bogor untuk kesehatannya, seperti antigen dan lain-lainnya,” terang Moses.

BACA JUGA :  Tambah Imunitas Tubuh dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Eko Prabowo mengatakan, sejauh ini pemudik yang mendaftar di Dishub Kita Bogor baru 100 orang.

Padahal, kata Eko pendaftaran program mudik gratis sudah dibuka sejak sepekan yang lalu dan akan ditutup pada 26 April mendatang.

“Belum bisa menjelaskan rendahnya animo masyarakat untuk mudik,” ujar Danjen sapaan akrabnya.

Namun, Eko mempertegas, akan memaksimalkan program pemerintah untuk membantu masyarakat yang ingin mudik secara gratis. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================