Rayakan Hari Bumi 2022, Indocement Lakukan Gerakan Tanam Pohon Serentak

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Memperingati hari bumi yang jatuh pada 22 April, jajaran direksi, manajemen serta perwakilan karyawan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk serentak melakukan gerakan taman pohon bersama di seluruh area operasional yang meliputi Kompleks Pabrik Citeureup, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin tahunan Perseroan dalam meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi sebagai tempat tinggal manusia. Dengan mengangkat tema Hari Bumi 2022 yaitu Invest In Our Planet atau Berinvestasi di Planet Kita. Tentunya kegiatan ini melibatkan kelompok tani di masing – masing are pabrik,” ujar Direktur & Sekretaris Perusahaan, Antonius Marcos.

Dia menjelaskan, perusahaan menyadari kegiatan pertambangan yang dilakukan berpotensi menimbulkan dampak bagi lingkungan.

Oleh sebab itu, Perseroan selalu berupaya untuk mengurangi dampak kerusakan lahan melalui rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan sesuai dengan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) dan rencana reklamasi lahan pascatambang.

BACA JUGA :  Minuman Segar dengan Sup Semangka Jelly yang Manis dan Creamy

“Salah satu upaya adalah dengan melakukan kegiatan reklamasi pascatambang. Hingga akhir 2021, Indocement telah menanam hampir 150.000 pohon multi spesies di tiga lokasi pabrik yang kami miliki,” paparnya.

Pohon yang ditanam juga, lanjut dia, bisa berfungsi sebagai windbreaker atau shelterbelt dari proses produksi Indocement serta, meningkatkan suplai oksigen dan penyerapan CO2, meningkatkan penyerapan air dan dapat menurunkan temperatur udara.

“Dengan adanya momentum Hari Bumi, Indocement mengajak seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk terus menjaga kelestarian lingkungan hidup demi masa depan bumi melalui kegiatan-kegiatan yang berdampak positif,” ucapnya.

“Kepada lingkungan seperti menanam pohon, menghemat penggunaan energi, menggunakan transportasi umum, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai ataupun mengkonsumsi produk-produk daur ulang,” kata dia.

Komitmen Keberlanjutan Indocement

Salah satu terobosan hijau yang telah dilakukan Indocement yaitu memproduksi semen hijau yang ramah lingkungan. Indocement telah meluncurkan Semen Hidraulis yang proses produksinya menghasilkan CO2 yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis semen portland.

BACA JUGA :  Sajian Malam Hangat dengan Bakso Udang Kuah Bening yang Gurih dan Mantap, Wajib Coba

Proses produksi semen hidraulis mampu mengurangi pemakaian klinker sebesar 10%–13% dan jumlah energi batu bara sehingga jumlah CO2 yang dihasilkan menjadi berkurang.

Selama 2021, Indocement juga berhasil menambah jumlah penggunaan bahan bakar alternatif sampai dengan 12,2%. Perseroan menargetkan penggunaan bahan bakar alternatif hingga 25% di 2025.

Upaya keberlanjutan lainnya yaitu penurunan emisi GRK Scope 1 yang dihasilkan Perseroan tahun 2021 menjadi 606 kg CO2/ton semen ekuivalen dari tahun sebelumnya yaitu 623 kg CO2/ ton semen ekuivalen.

Indocement melakukan berbagai upaya untuk melestarikan lingkungan dan telah mendapatkan evaluasi dari pemerintah.

Hal ini ditandai dengan perolehan PROPER Hijau bagi Kompleks Pabrik Citeureup, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun yang menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan tidak terbatas hanya pada yang dipersyaratkan, namun berkesinambungan dalam pemeliharaan dan pelibatan masyarakat. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================