Pilih Rest Area yang Dijaga Petugas Keamanan

Anda mesti mengenali beberapa lokasi rest area yang akan dilewati. Gunakan rest area untuk beristirahat. Anda juga bisa melakukan peregangan di sana atau berjalan-jalan sebelum tidur.

Jika sudah mengantuk, tidurlah di mobil yang sudah diparkir di rest area. Pastikan area yang Anda singgahi cukup ramai dan terjaga oleh petugas keamanan.

Bila perlu, parkir mobil tak jauh dari pos polisi atau masjid. Rumah ibadah seperti masjid biasanya akan selalu ramai menjelang Lebaran.

Sandarkan Jok atau Gunakan Kasur Mobil Setelah Mobil Berhenti

Agar peredaran darah lancar dan badan tidak terlalu pegal, senderkan jok sebelum tidur.

BACA JUGA :  Resep Membuat Kue Cucur Gula Merah yang Simple Anti Gagal

Jika punya kasur mobil, pasanglah di bagian belakang mobil yang cukup luas dan hanya gunakan ketika mobil sudah berhenti.

Jangan Nyalakan AC, Buka Sedikit Kaca, dan Jangan Pasang Obat Nyamuk

Bahaya tidur di mobil dengan AC menyala bisa memicu kebocoran asap knalpot. Sementara, pasang obat nyamuk di dalam mobil bisa membuat Anda sesak napas.

Lebih baik oles losion antinyamuk. Lalu, gunakan kain untuk menutupi tubuh dari udara dingin dan gigitan nyamuk.

Pasang Alarm Mobil dan Simpan Barang Berharga

Sebaiknya jangan menginap di mobil yang tidak dipasang alarm. Sebab, ketika ada orang yang tiba-tiba membuka pintu atau memecahkan kaca, mobil tidak bisa menarik perhatian.

BACA JUGA :  Resep Membuat Botok Ayam untuk Menu Sahur dan Berbuka, Dijamin Lezat Bikin Nagih

Selain itu, upayakan tidak memegang handphone saat tidur. Simpan dompet dan handphone di tempat tertutup, sehingga tidak menarik perhatian orang luar.

Keluar Sejenak

Untuk menghindari risiko penggumpalan darah karena terlalu lama duduk atau tidur di mobil, ada baiknya sesekali keluar mobil untuk meregangkan otot-otot. Hal ini penting untuk memastikan aliran darah di kaki tetap berjalan dan tidak statis.

Tetap utamakan keselamatan dan kesehatan Anda beserta keluarga dengan melakukan tips di atas. Jika keadaan tidak memungkinkan untuk menginap di dalam mobil, lebih baik cari penginapan yang aman. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================