laut selatan mengeluarkan cahaya
Fenomena Alam Laut Selatan Mengeluarkan Cahaya Dikaitkan Dengan Kemunculan Nyi Roro Kidul. Foto : Iustrasi.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Masyarakat Yogyakarta, Jawa Tengah baru-baru ini dihebohkan dengan fenomena alam laut selatan mengeluarkan cahaya. Sebagian masyarakat pesisir mengaitkan munculnya cahaya dari laut itu dengan kehadiran Nyi Roro Kidul. Lantas, benarkah cahaya itu adanya kehadiran ratu pantai selatan? Simak penuturan ahlinya.

Fenomena laut bercahaya itu berawal diunggah citra satelit dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), atau Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS. Fenomena itu disebut Milky Seas.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Menang Tipis 0-1 Lawan Australia

Melansir detikcom, Jumat (6/5/2022),Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (Undip) Prof Denny Nugroho Sugianto mengakui kemunculan cahaya laut itu memang sudah terjadi sejak dahulu, dan masyarakat kerap mengaitkan dengan kisah misteri, seperti adanya monster laut hingga Nyi Roro Kidul.

BACA JUGA :  Ini 5 Oleh-oleh Khas Bogor, Cocok Buat Dijadikan Cinderamata

“Dulu banyak dihubungkan dengan misteri. Padahal, itu dari bakteri bercahaya yang berhubungan dengan organisme lain atau jasad, bangkai dan lain-lain. Biasanya terjadi bulan Juni-Juli-Oktober ada upwelling (Pembalikan massa air), kenaikan massa air, jadi yang di bawah ke permukaan,” jelas Denny.

============================================================
============================================================
============================================================