Katulampa
Terkendala Kekeruhan, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Akan Lakukan Pemeliharaan IPA dan SPAM Katulampa Senin Mendatang.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor akan melakukan pemeliharaan pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Katulampa, meliputi penggantian Gate Valve dan juga pemeliharaan pada Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf mengatakan, dari dua kegiatan tersebut sebagai bentuk pemeliharaan pelayanan di zona 7. Penggantian Gate Valve dari sistem Butterfly Valve ini untuk memaksimalkan pasokan air baku ke SPAM Katulampa, mengingat kondisinya saat ini terganjal oleh sampah.

“Jadi kita akan melakukan pemeliharaan di prasedimentasi, dimana diketahui bahwa kemarin banyak terkendala dengan kekeruhan cukup tinggi di zona 7. Nah, kita akan mengganti gate valve diameter 70 sentimeter dari awalnya butterfly valve,” kata Ardani kepada wartawan, Kamis (12/5/2022)

BACA JUGA :  Minuman Pelepas Dahaga dengan Es Cincau Serut Gula Merah yang Manis Pas

Ia pun menjelaskan, rencana penggantian gate valve tersebut akan dilaksanakan pada Senin (16/5/2022) dengan proses pekerjaan akan dimulai pukul 08.00 WIB dan diperkirakan selesai pukul 16.00 WIB.

Dengan adanya kegiatan ini tentunya akan menghentikan produksi air 300 liter per detik di SPAM Katulampa. “Pelaksanaan (penggantian gate valve) kemungkinan tanggal 16 Mei. Tadi kita evaluasi terkait persiapan. Persiapan material harus sudah ada di lapangan sebelum pelaksanaan dan saat ini sudah 80 persen untuk material,” jelasnya.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga

Kemudian Ardani menambahkan, sebelum pelaksanaan di hari H akan dilaksanakan juga simulasi terlebih dulu. Hal ini sebagai langkah antisipasi agar pada saat pelaksanaan nanti tidak ada kendala teknis maupun sebagainya.

Ardani juga mengatakan, selama penghentian produksi air akan dimanfaatkan untuk melakukan pemeliharaan pada instalasi pengolahan air SPAM Katulampa, yaitu pengurasan sedimentasi dan pembersihan filtrasi.

“Jadi ada dua program yang kita lakukan, yaitu penggantian gate valev dan juga pemeliharaan SPAM Katulampa,” kata Ardani.

============================================================
============================================================
============================================================