SMK Muara Ilmu Kota Depok, Gelar Uji Kompetensi di Hotel Asana Grand Pangrango.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR SMK Muara Ilmu Kota Depok, menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di Hotel Asana Grand Pangrango, Kamis (15/5/2022).

Untuk diketahui, UKK merupakan syarat wajib bagi setiap siswa SMK kelas XII sebelum pelaksanaan Ujian Sekolah. Seperti yang dilakukan SMK Pariwisata yang berlokasi di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok ini.

Lina Marlina, Wakil Kepala Sekolah SMK Muara Ilmu menjelaskan, sebagai sekolah kejuruan perhotelan, para siswa terlebih dulu melaksanakan UKK sebelum menghadapi ujian sekolah. Hal itu sebagai ujian terakhir bagi siswa kelas 12 dalam menguji keahlian pelajaran dari kelas 10 dan 11.

BACA JUGA :  Taburi Garam ke Mesen Cuci saat Mencuci Baju, Ini Dia 4 Manfaatnya

“Karena kita jurusan perhotelan dan peralatan kami kurang memadai, maka itu kami yang datang ke hotel. Harusnya kan Assesment yang datang ke sekolah ,” ujar Lina kepada bogor-today.com

Selain itu, Lina juga mengatakan bahwa jumlah siswa yang melaksanakan UKK diikuti sebanyak 17 siswa dari kejuruan perhotelan. Pelaksanaan UKK menyangkut praktik Housekeeping, seperti membersihkan kamar, membersihkan area public juga membersihkan kamar mandi. Untuk praktek Front Office, seperti reservasi untuk pemesanan kamar.

SMK Muara Ilmu Kota Depok

“Seharusnya kita melakukan ujian praktek food and beverage service (FnB). Karena fnb sudah diujikan di sekolah terlebih dulu, jadi kita hanya mengambil praktik housekeeping dan front office saja,” jelasnya.

BACA JUGA :  7 Tips Menetralisir Tubuh usai Makan yang Bersantan saat Lebaran

Setelah melakukan UKK, kata Lina, nantinya para siswa akan mendapatkan sertifikat dari pihak hotel. Kemudian dari segi penilaian yang diambil adalah dari segi keterampilan dan pengetahuan.

Keterampilan itu setelah praktik, kalau untuk pengetahuan itu dari segi materi apakah dia mampu menguasai pelajaran dari kelas 10 hingga kelas 12.

“Semua siswa dinilai apakah dia layak lulus atau tidak. Jika ada yang tidak lulus para siswa akan melakukan UKK ulang di sekolah.” Tukasnya. (Aditya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================