warga
Foto : Ilustrasi

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR –  Di era digital, rupanya masih ada warga Bogor yang hidup dalam kegelapan alias belum terpasang instalasi listrik di rumahnya. Seperti di Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor ratusan rumah warga belum teraliri listrik.

“Berdasarkan data base desa tahun 2015  ada sekitar 700 rumah warga yang belum memiliki listrik sendiri, namun pada tahun 2020 berkurang jadi 427 rumah. Dan pada tahun 2021 lalu desa kami dapat bantuan sebanyak 150 pemasangan isntalasi listrik melalui TJSL PLN ULP Jasinga, sisanya masih harus diperjuangkan,” tutur Kepala Desa Sukamaju, Dahyudin beberapa waktu lalu.

Dia bercerita, kala itu sekitar 2020 lalu 427 rumah warga di desanya yang belum memiliki listrik sendiri, memanfaatkan listrik dari mushola atau tetangga sekitarnya yang sudah memiliki instalasi listrik sendiri.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun 3 Kendaraan di Jalan Raya Ngawi-Solo, Tewaskan 1 Orang

Bersukr saat ini, lanjut dia, sekitar 150 rumah warga yang sudah teraliri listrik merupakan hasil bantuan program Jawa Barat Terang (Jabar Caang) dengan melibatkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layan Pengadaan (ULP) Jasinga.

“Saya sangat bersukur dan berterima kasih kepada PLN, ESDM dan pihak terkait yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat saya yang belum teraliri listrik. Saya berharap sisanya yang masih belum memiliki listrik sendiri bisa terbantu diprogram berikutnya,” harap dia.

BACA JUGA :  Peringati Hari Kartini, Pemkab Bogor Hadirkan Layanan KB Serentak di 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor

Sementara itu, Manajer PLN ULP Jasinga Unit Pelayanan (UP) III Bogor UID Jawa Barat, Malvin Somba menuturkan, bantuan berupa CSR yang diberikan kepada masyarakat Desa Sukamaju berupa pemberian instalasi listrik dengan daya 450 Volt Amper (VA) kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Hari ini kami menyalurkan bantuan listrik dengan daya 450 VA kepada 150 masyarakat yang ada di Desa Sukamaju yang selama ini belum menikmati listrik di rumahnya. Untuk tahap selanjutnya yang sudah mengajukan dan akan segera dipasang instalasi listrik yakni, Desa Wirajaya dan Desa Jugalajaya,” kata Malvin. (Didin/CR)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================