44 Karya seniman
44 karya ilustrasi dari 18 seniman yang telah lolos kurasi dipamerkan di gedung Bogor Creative Center (BCC) Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR44 karya ilustrasi dari n18 seniman yang telah lolos kurasi dipamerkan di gedung Bogor Creative Center (BCC) Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor.

Pameran yang berlangsung dari, Sabtu 21 hingga Minggu 29 Mei 2022 ini tak hanya menampilkan ilustrasi dua dimensi, namun ada juga ilustrasi yang hadir dalam tiga dimensi dan beragam media. Seperti dalam media t-shirt, sepatu dan dalam bentuk animasi yang menggambarkan ciri khas kuliner, transportasi dan lainnya.

Direktur Corporate, Kompas Gramedia Glory Oyong menyebut bahwa pameran seniman Bentara Budaya digelar di Kota Bogor kali pertama. Setelah dari Kota Bogor, pameran akan dilanjutkan menuju Bandung lalu Ambon kemudian ke Yogyakarta dan DKI Jakarta.

Namun, kata dia terdapat dua kota lagi yang masih dalam penjajakan yaitu Payakumbuh dan Pemantangsiantar.

BACA JUGA :  Bingung Mau Healing Saat Libur Lebaran? Ini Rekomendasi Cafe di Bogor yang Cozy dan Bernuansa Alam Dijamin Suka

“Mudah-mudahan di kota-kota yang nanti akan dihampiri ini ada seni yang berbeda-beda yang bisa kita lihat dan ilustrasi multikultural yang dapat mengangkat seni,” ucap Glory, saat ditemui di lokasi pameran, Sabtu (21/5/2022) sore.

Menurutnya, dalam pameran ini juga tidak hanya sekedar sebagai ruang bagi para seniman tapi juga ruang berdiskusi yang indah untuk dapat berkolaborasi mewujudkan karya-karya ke depan yang lebih baik lagi, utamanya di era menghadapi endemi.

Glory berharap, karya-karya dari para seniman Kota Bogor tersebut juga bisa mendunia.

Sementara itu, Kurator pameran Beng Rahardian mengatakan digelarnya pameran tersebut merupakan rangkaian Empat Sasawarsa Bentar Budaya. Sehingga pada bulan ini sebagian besar illustrator merayakannya. Mereka menyebut bulan ini adalah bulan menggambar nasional.

“Jadi menggambar ini ingin mengembalikan kebiasaan untuk mengolah visual jadi mengemukakan gagasan secara visual. Saya rasa itu yang yang sekarang sedang menjadi kecenderungan dunia kita saat ini. Nah pameran ini saya berikan topik tentang multikultural. karena multikultural itu sudah dalam keseharian kita,” imbuh Beng.

BACA JUGA :  Halalbihalal Perumda Tirta Pakuan, Wali Kota Bogor Apresiasi Kinerja Pelayanan

Kenapa pameran ini diadakan di Kota Bogor?

Jika mengingat Bogor dapat menjadi simbol multikultural dan juga memiliki seniman-seniman yang berpotensi di bidang ilustrasi ini. Sehingga, Beng meminta para ilustrator dapat mengeksplorasi apa yang bisa dilakukan termasuk membuatnya di dalam kisah atau cerita melalui beragam media, seperti kemeja dan lainnya.

Kata dia, ilustrasi yang dipamerkan di gedung BCC ini cukup mewakili bagaimana Indonesia memiliki artefak sehingga punya kekayaan ilustrasi dari sejak zaman pra-sejarah, seperti ilustrasi di bukit layang-layang Makassar yang dapat menunjukkan secara visual. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================